KONSEP TAUHID DALAM KITAB ‘AQῙDATUL ‘AWᾹM KARYA SYEKH SAYID AHMAD AL-MARZUQI SERTA RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS 3 DI MADRASAH IBTIDAIYAH

FITROH, LAILATUL (2022) KONSEP TAUHID DALAM KITAB ‘AQῙDATUL ‘AWᾹM KARYA SYEKH SAYID AHMAD AL-MARZUQI SERTA RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS 3 DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180063_LAILATUL FITROH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
FITROH, LAILATUL. 2022. Konsep Tauhid dalam Kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm Karya Syekh Sayid Ahmad Al-Marzuqi Serta Relevansinya dengan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kejurusan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Moh Miftachul Choiri, M.A.
Kata Kunci : Konsep Tauhid, ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm, Akidah Akhlak.
Tauhid adalah bagian dari rukun iman. Rukun iman adalah salah satu pondasi yang harus dimiliki oleh setiap orang yang beragama islam. Dalam memberikan pelajaran tauhid kepada setiap orang islam terdapat salah satu referensi yang dapat dijadikan sumber, yaitu Kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm. Kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm berisi tentang iman kepada Allah, iamn kepada Malaikat-Malaikat Allah, iman kepada Rasul Allah, iman kepada Kitab-Kitab Allah, iman kepada hari akhir dan iman kepada sifat bagi Allah. Adapun isi lain yang tidak termasuk dalam ketauhidan. Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat relevansi antara Kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm dengan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah.
Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui KonsepTauhid dalam Kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm serta relevansinya dengan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah. Rumusan masalah yang perlu dijawab dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Konsep Tauhid dalam Kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm karya Syekh Sayyid Ahmad Al-Marzuqi. (2) Untuk mengetahui relevansi konsep tauhid dalam kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm dengan mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah.
Jenis penelitian ini adalah Library Research atau penelitian kepustakaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan literatur(kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian dari penelitian terdahulu. Adapun analisis yang dilakukan menggunakan analisis isi (content analysis) yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis semua bentuk isi yang disampaikan, baik itu berbentuk buku, surat kabar, pidato, peraturan undang-undangan dan sebagainya. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan dara sekunder. Adapun data primer dalam penelitian ini adalah kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm. sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah sumber data tambahan yang menurut peneliti menunjang data pokok.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa: Konsep Tauhid dalam kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm yaitu 5 rukun iman dan 20 sifat wajib bagi Allah SWT. Rukun iman yang terdapat dalam kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm adalah iman kepada Allah SWT, Iman kepada Malaikat-Malaikat Allah SWT, Iman kepada Rasul Allah SWT, Iman kepada Kitab-kitab Allah SWT, Iman kepada Hari Akhir, dan sifat wajib bagi Allah SWT. Sedangkan dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas 3 yaitu bab meneladani malaikat Allah dan tugasnya, Iman adanya surga dan neraka, dan Bab Asma’ul Husna, diantaranya yaitu Ar-Razzaq, Al-Wahhab, Al-Khabῑr dan Al-‘Adhῑm. Relevansi dalam konsep tauhid yang ada dalam kitab ‘Aqῑdatul ‘Awᾱm dengan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 3 di MI, Yaitu beberapa sifat wajib bagi Allah SWT dan Beriman kepada malaikat dan sifat-sifatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: H. Moh Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:04
Last Modified: 05 Jul 2022 03:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20337

Actions (login required)

View Item View Item