PENERAPAN MODELEXAMPLE NON EXAMPLEBERBANTUANPOWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA VA MI MA’ARIF NGRUPIT JENANGAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Bisri, Nanda Afrizal (2022) PENERAPAN MODELEXAMPLE NON EXAMPLEBERBANTUANPOWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA VA MI MA’ARIF NGRUPIT JENANGAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NANDA AFRIZAL BISRI_203180083_UPLOAD E THESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nanda Afrizal, Bisri. Minat belajar merupakan salah satu kunci pokok dalam keberhasilan pembelejaran. Dengan adanya minat belajar yang tinggi maka akan berdampak pada hasil belajar yang memuaskan. Namun kenyataannya masih banyak sekolah yang belum mampu mencapai hasil belajar sesuai harapan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang menjadikan minat belajar siswa rendah sehingga berdampak pada hasil belajar rendah, seperti model belajar yang hanya berpusat pada guru, tidak adanya pembaharuan model belajar, dan penggunaaan media belajar yang monoton. Sama halnya yang terjadi di MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang hanya menggunakan model belajar Teacher center dan penggunaan media belajar yang kurang efektif. Sehingga proses pembelajaran kurang maksimal dan berdampak pada minat dan hasil belajar rendah.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada peningkatan minat belajar siswa dengan model example non example berbantuan powerpoint pada mata pelajaran PPKn kelas VA MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo. (2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan model example non example berbantuan powerpoint pada mata pelajaran PPKn kelas VA MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan adalah example non example berbantuan powerpoint. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo berjumlah 25 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari lembar angket minat belajar siswa dan hasil tes siswa, kemudian data ini dianalisis menggunakan rumus presentase.
Adapun hasil penelitian ini (1) penerapan model pembelajaran example non example berbantuan powerpoint dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VA MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogoterlihat pada minat belajar sebanyak 25 siswa pada siklus I yang semula hanya ada 4 siswa atau 15 % yang berada pada kategori “tinggi”pada siklus II ini mulai ada 15 siswa yang menunjukan minat yaitu sebesar 60%, sedangkan pada kategori “sedang” yang semula hanya 12 siswa atau 46% pada siklus II menurun menjadi 10 siswa atau 40%, dan pada kategori “rendah” pada siklus II sudah tidak ada lagi. Itu menunjukan bahwa minat belajar siswa mulai berkembang dan terbentuk kembali. (2)Penerapan model pembelajaran example non example berbantuan powerpoint dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VA MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogoterlihat pada dari hasil belajar 25 siswa yang semula tuntas hanya 7 siswa atau 28% meningkat menjadi 21 siswa atau84%. Sedangkan yang tidak tuntas berkurang dari semula18 siswa atau 72% menjadi 4 siswa atau 16% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:06
Last Modified: 05 Jul 2022 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20336

Actions (login required)

View Item View Item