Nilai-nilai Pendidikan Moral dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI

Aldi, Muhammad (2022) Nilai-nilai Pendidikan Moral dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180199_MUHAMMAD ALDI_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aldi, Muhammad. 2022. Nilai-nilai Pendidikan Moral dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.

Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Moral, Novel Moga Bunda Disayang Allah, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI.

Melihat pesatnya arus globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi turut mengubah kepribadian anak bangsa. Terutama, mereka yang masih duduk di bangku sekolah. Umumnya, mereka mengalami degradasi moral atau kemerosotan moral. Contohnya, rendahnya sikap sopan santun, rendahnya budaya malu, dan meniru trend budaya barat. Menjumpai nilai-nilai moral anak bangsa semakin menurun, perlu adanya penanaman nilai pendidikan moral. Salah satu warisan budaya yang bisa menjadi sarana penanaman nilai moral adalah karya sastra. Novel merupakan salah satu karya sastra yang bisa menjadi sarana penanaman nilai moral. Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye banyak berisikan nilai-nilai pendidikan moral dan kisah inspiratif yang cocok untuk perkembangan kepribadian anak khususnya anak MI/SD.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan moral dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye, (2) menjelaskan relevansi nilai-nilai pendidikan moral dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye dengan mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtida’iyah.
Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Library Reseach). Sumber primer dalam penelitian ini diambil dari novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye dan sumber data sekunder diambil dari berbagai catatan serta tulisan yang ada kaitannya dengan nilai-nilai pendidikan moral serta kaitannya dengan mata pelajaran bahasa Indonesia di MI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Terdapat sebelas nilai pendidikan moral dalam novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye. Kesebelas nilai pendidikan moral tersebut, antara lain: bersyukur, percaya kepada Tuhan, jujur, sabar, tidak putus asa, bertanggung jawab, ikhlas, pemaaf, tolong menolong, toleransi, dan kasih sayang. (2) Relevansi nilai-nilai pendidikan moral dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye dengan mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 6 tema 8 pembelajaran 6 tentang identifikasi cerita rakyat adalah sebagai berikut. Pertama, cerita Burung Tempua dan Burung Puyuh relevan dengan nilai pendidikan moral toleransi. Kedua, cerita Cindelaras relevan dengan nilai pendidikan moral pemaaf dan kasih sayang. Ketiga, cerita Raja Mintin relevan dengan nilai pendidikan moral tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:56
Last Modified: 04 Jul 2022 07:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20334

Actions (login required)

View Item View Item