Peran Penggunaan Buku Monitoring Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Pada Kegiatan Sorogan Al-Qur'an (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur'an Al-Hasan Babadan Ponorogo)

Ma'arifah, Iqlima Umaiyyatul (2022) Peran Penggunaan Buku Monitoring Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Pada Kegiatan Sorogan Al-Qur'an (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur'an Al-Hasan Babadan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180111_IQLIMA UMAIYYATUL MA'ARIFAH_PAI(1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ma’arifah, Iqlima Umaiyyatul. 2022. Peran Penggunaan Buku Monitoring dalam Meningkatkan Kedisiplinan santri dalam Kegiatan Sorogan Al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.
Kata kunci:Kedisiplinan Santri, Sorogan al-Qur’an, Penggunaan Buku Monitoring.

Kedisiplinan merupakan suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran. Sebagai santri, kedisiplinan merupakan sebuah hal yang harus dimiliki karena kedisiplinan sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilan santri dalam meraih tujuan pembelajaran yang diraih. Namun kenyataanya terhitung banyak santri yang kurang disiplin dalam menyetorkan bacaan al-Qur’an maupun hafalan al-Qur’an pada kegiatan sorogan al-Qur’an, karena tidak adanya kebijakan dalam setoran al-Qur’an perhari bahwa santri wajib untuk sorogan al-Qur’an. Sebelum adanya buku monitoring para santri hanya sorogan al-Qur’an denga kesadaran diri sendiri. Masing-masing dari santri, tanpa adanya hukuman bila tidak sorogan al-Qur’an yang menyebabkan santri menjadi malas dan sering bolos mengaji. Dengan hal ini, salah satu upaya yang dilakukan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo untuk mendisiplinkan santri dalam melakukan setoran hafalan al-Qur’an dalam kegiatan sorogan al-Qur’an adalah dengan memberlakukan penggunaan buku monitoring pada santri putri. Yang mana buku monitoring di sini bertujuan untuk melakukan proses pengawasan terhadap suatu program yang sudah direncanakan untuk mengetahui bagaimana berjalannya suatu program itu, agar terlaksana dan sesuaiyang direncanakan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengungkapkan alasan penggunaan buku monitoring dalam kegiatan sorogan al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo, (2) Untuk mendeskripsikan kebijakan dan aturan mengenai penggunaan buku monitoring dalam kegiatan sorogan al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo, (3) Untuk memaparkan dampak penggunaan buku monitoring dalam meningkatkan kedisiplinan pada kegiatan sorogan al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketentuan pengamatan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian, ditemukan: (1) Alasan penggunaan buku monitoring dalam kegiatan sorogan al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan adalah sebagai penunjang santri untuk lebih aktif dan santri pun terpatau dalam melaksanakan kegiatan sorogan al-Qur’an, dengan adanya buku monitoring ini santri lebih tertib dan tidak mengulur-ulur waktu untuk setoran, (2) Kebijakan dan aturan mengenai penggunaan buku monitoring dalam kegiatan sorogan al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an. Untuk kebijakan yang diberlakukan dalam kegiatan sorogan al-Qur’an sebagian santri yang sudah ujian serta diberlakukannya absen sorogan. Sedangkan untuk aturan ini diwajibkan santri ketika sorogan al-Qur’an membawa buku monitoring serta mengisi buku monitoring dengan ketentuan yang sudah disepakati, (3) Dampak penggunaan buku monitoring dalam meningkatkan kedisiplinan santri pada kegiatan sorogan al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan itu belum sepenuhnya efektif, akan tetapi sudah memberikan dampak yang cukup besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:55
Last Modified: 04 Jul 2022 07:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20332

Actions (login required)

View Item View Item