....(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Metode Ceramah Konvensional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar SKI Siswa Kelas IX MTs. Nurul Qur’an Pakunden Tahun Ajaran 2021/2022

Albanna, Ahmad Roihan (2022) ....(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Metode Ceramah Konvensional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar SKI Siswa Kelas IX MTs. Nurul Qur’an Pakunden Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Ahmad Roihan Albanna.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Albanna, Ahmad Roihan. 2022 : Pengaruh Metode Ceramah Konvensional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar SKI Siswa Kelas IX MTs. Nurul Qur’an Pakunden Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Arif Rahman Hakim, M.Pd

Kata Kunci : Ceramah Konvensional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa
Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran para pendidik disamping harus menguasai bahan dan materi pelajaran, tentu pula harus mengetahui bagaimana cara materi pelajaran itu disampaikan dan mengetahui karakteristik setiap siswa yang menerima materi pelajaran tersebut. Terkadang kegagalan pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran bukan karena pendidik yang kurang menguasai materi, akan tetapi karena pendidik tidak tahu bagaimana cara menyampaikan materi pelajaran tersebut dengan baik, sehingga siswa dapat belajar dengan suasana yang menyenangkan dan mengasyikan, maka pendidik perlu memiliki pengetahuan tentang pendekatan dan teknik-teknik pembelajaran dengan memahami teori-teori belajar dan teknik mengajar yang baik dan tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode ceramah konvensional terhadap hasil belajar SKI siswa kelas IX di MTs. Nurul Qur’an Tahun Ajaran 2021/2022, (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar SKI siswa kelas IX di MTs. Nurul Qur’an Tahun Ajaran 2021/2022, dan (3) pengaruh antara metode ceramah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI siswa kelas IX di MTs. Nurul Qur’an Tahun Ajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX yang berjumlah 119 orang. Untuk mengambil sampel peneliti menggunakan penelitian simple random sampling atau sampel acak dikarenakan sampel lebih dari 100.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket dan dokumentasi. Untuk uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment, uji reabilitas dengan menggunakan alpha cronbach, sedangkan untuk analisa data menggunakan rumus korelasi sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa (1) nilai R Square atau koefisien determinasi 52,8% yang artinya metode ceramah konvensional (X1) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 52,8% terhadap variabel hasil belajar SKI siswa kelas IX (Y). Sedangkan sisanya 47.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini; (2) diperoleh nilai R Square atau koefisien determinasi 52,2% yang dapat ditafsirkan bahwa variabel motivasi belajar (X2) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 52,2% terhadap variabel hasil belajar SKI siswa kelas IX (Y) (3) diperoleh nilai R Square atau koefisien determinasi 52,2% yang dapat ditafsirkan bahwa variabel motivasi belajar (X2) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 52,2% terhadap variabel hasil belajar SKI siswa kelas IX (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:38
Last Modified: 04 Jul 2022 01:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20330

Actions (login required)

View Item View Item