Pembelajaran Dengan Metode Sorogan Al-Qur’an dalam Meningkatkan Hasil Belajar Santri di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo

Malini, Yustika Astri Hema (2022) Pembelajaran Dengan Metode Sorogan Al-Qur’an dalam Meningkatkan Hasil Belajar Santri di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180241_Yustika Astri Hema Malini_PAI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kata Kunci: Pembelajaran, Meningkatkan, Hasil Belajar, Al-Qur’an, Metode, Sorogan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran AlQur’an melalui metode sorogan santri di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan
Ponorogo (2) mendeskripsikan hasil belajar santri dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an
melalui metode sorogan di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo (3)
memaparkan problematika pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode sorogan di
Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo.
Pada penulisan penelitian ini, untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian
direncanakan dengan rancangan deskriptif kualitatif studi kasus di Pondok Pesantren Subulus
Salam Ngunut Babadan Ponorogo. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan metode analisis data dari
Miles dan Huberman, yang mencakup pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data,
kemudian kesimpulan agar mmeperoleh hasil yang terbaik dan sesuai dengan harapan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, upaya ustadz dalam meningkatkan hasil belajar
Al-Qur’an melalui metode sorogan di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan
Ponorogo, yaitu: 1) Upaya ustadz sebagai pendidik sudah bisa memberikan contoh metode
sorogan dengan baik di Pondok Pesantren Subulus Salam. 2) Hasil belajar Al-Qur’an melalui
metode sorogan sudah bisa diterapkan santri ketika berada di pondok maupun di rumah.
3) Problematika ustadz dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode sorogan
di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut Babadan Ponorogo sudah bisa diatasi dengan
melihat berbagai faktor pendukung sebagai wujud perkembangan pendidikan Al-Qur’an.
Malini Hema, Yustika Astri, 2022. Pembelajaran Dengan Metode Sorogan Al-Qur’an dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Santri di Pondok Pesantren Subulus Salam Ngunut
Babadan Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I.
Untuk menghasilkan pendidikan Al-Qur’an yang baik, dibutuhkan upaya yang baik
dalam melakukan proses pembelajaran. Upaya yang baik adalah yang mampu memberikan
hasil yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan bagi segenap masyarakat. Karena jika upaya
yang dilakukan berhasil, maka pendidikan yang diharapkan akan membawa pada kebaikan.
Pembelajaran Al-Qur’an harus bisa memberikan hasil belajar yang baik agar santri mampu
menerapkan metode sorogan bukan hanya di pondok tetapi juga di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:25
Last Modified: 04 Jul 2022 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20329

Actions (login required)

View Item View Item