Analisis Nilai Moral dalam Film Sepatu Dahlan Karya Benni Setiawan dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Bangsa anak SD/MI

Nurhidayah, Nuzul (2022) Analisis Nilai Moral dalam Film Sepatu Dahlan Karya Benni Setiawan dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Bangsa anak SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180215_NUZUL NURHIDAYAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurhidayah, Nuzul. 2022. Analisis Nilai Moral Dalam Film Sepatu Dahlan Karya Benni Setiawan dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Bangsa Anak SD/MI. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Berlian Pancarani, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai Moral, Film Sepatu Dahlan, Pendidikan Karakter Bangsa
Di era perkembangan zaman yang begitu kompleks, bangsa Indonesia sedang dihadapkan beberapa permasalahan dalam dunia pendidikan. Masalah-masalah tersebut berkaitan erat dengan kemerosotan karakter peserta didik yang tidak sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Diantaranya masih adanya kasus kemrosotan moral diberbagai sekolah. Selain itu juga budaya kejujuran peserta didik, baik dalam menyelesaikan tugas sekolah maupun menyelesaikan ujian masih belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Hal ini bisa terjadi diduga kuat karena pendidikan karakter dalam dunia pendidikan belum bisa tertanam dengan baik. Penanaman karakter peserta didik pada anak tingkat sekolah dasar dimulai dari contoh sikap moral yang baik. Proses penanaman nilai moral dapat diperoleh melalui lembaga formal maupun non formal. Pola asuh orang tua juga menjadi faktor dalam perkembangan moral anak. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, penanaman nilai moral bisa melalui media masa, cetak, maupun elektronik. Salah satu media yang dapat menyalurkan nilai edukasi ialah film. Berdasarkan pengamatan, Film Sepatu Dahlan banyak mengandung nilai-nilai moral yang dapat membentuk karakter peserta didik. Selain itu, film ini mendapat penghargaan terbaik dalam kategori film anak dan meraih Piala Dewantara dari Apresiasi Film Indonesia (AFI) pada tahun 2014.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan nilai moral yang terkandung dalam film Sepatu Dahlan, (2) untuk mengetahui relevansi nilai moral film sepatu dahlan dengan pendidikan karakter bangsa anak sd/mi.
Data penelitian ini disusun menggunakan penelitian kajian kepustakaan atau library research dengan teknik analisis isi (content analysis) dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah Film Sepatu Dahlan.
Berdasarkan hasil analisis dapat ditemukan bahwa 1) nilai-nilai moral yang terdapat dalam film Sepatu Dahlan yaitu jujur, menjadi diri sendiri, bertanggung jawab, mandiri, keberanian moral, rendah hati, dan kritis. 2) Relevansi nilai-nilai moral dalam film Sepatu Dahlan dengan nilai pendidikan karakter bangsa anak sd/mi, yaitu: (1) pola asuh orang tua Dahlan memiliki relevansi dengan pendidikan karakter bangsa tanggungjawab, (2) bahasa yang digunakan dalam film tersebut memiliki relevansi dengan pendidikan karakter bangsa cinta tanah air, (3) Setia kawan memiliki relevansi dengan pendidikan karakter bangsa bersahabat/komunikatif, (4) kesadaran diri memiliki relevansi dengan pendidikan karakterbangsa mandiri, (5) pola berfikir Dahlan memiliki relevansi dengan pendidikan karakter bangsa cinta damai, (6) Hubungan hamba dengan tuhan memiliki relevansi dengan pendidikan karakter bangsa religius, dan (7) Usaha yang dilakukan Dahlan memiliki relevansi dengan pendidikan karakter bangsa kerja keras. Hubungan antara karakter dan moral tidak dapat dilepaskan dalam upaya mencetak generasi yang bertanggung jawab dan kondisi masyarakat yang sejahtera melalui pendidikan karakter. Oleh karena itu, nilai moral dalam film Sepatu Dahlan memiliki relevansi dengan pendidikan karakter bangsa pada siswa sd/mi. Sehingga film Sepatu Dahlan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran lain dalam mengajarkan nilai moral dan karakter pada anak sd/mi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:20
Last Modified: 04 Jul 2022 01:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20327

Actions (login required)

View Item View Item