Kontribusi Pemikiran Pendidikan Islam Azyumardi Azra dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Era Globalisasi dan Modernisasi

Zulfa, Afroyina (2022) Kontribusi Pemikiran Pendidikan Islam Azyumardi Azra dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Era Globalisasi dan Modernisasi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
AFROYINA ZULFA 201180253 PAI (2).pdf

Download (785kB) | Preview

Abstract

Pendidikan selalu berkembang seiring perkembangan zaman. Baik dalam kurikulum, sistem dan juga metode pengajarannya akan menyesuaikan situasi dan juga kondisi dari peserta didik. Dengan adanya sistem pendidikan Islam yang lama, perlunya menyesuaikan dengan keadaan yang baru agar lebih berkemajuan. Karena pendidikan Islam mempunyai kesinambungan antar dunia dan akhirat yang menghasilkan kesejahteraan spiritual dan material. Azyumardi Azra merupakan salah satu tokoh yang terdapat dalam keadaan ini, dengan melihat berbagai problematika yang ada dan juga keterkaitan antara pendidikan Islam dengan membawa pembaruan terhadap Modernisasi kurikulum dan juga pendidikan secara umumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1)Mengetahui Konsep Pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra, 2) Mengetahui Kontribusi terkait Kurikulum Pendidikan Islam yang diberikan Azyumardi Azra di Era Globalisasi dan Modernisasi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitin yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Yang mana penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yakni dalam mengkaji buku-buku karya Azyumardi Azra dan buku-buku yang terkait di dalamnya. Dan analisis data penelitian ini menggunakan jenis analisis taksonomi (taxonomy analysis).
Hasil dari penelitian ini bahwasannya dalam Pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra lebih menyukai Pendidikan yang bersifat aktif. Tidak hanya diam di tempat saja. Jadi dalam ungkapan Azra jika Pendidikan yang baik yakni yang mana selalu mengintegrasikan antara ilmu agama dan ilmu umum agar tidak melahirkan dikotomi ilmu pengetahuan, sehingga tercapainya sikap yang toleran dan lapang dada, yang dikemudian harinya bisa menumbuhkan kemampuan berswadaya dan mandiri dalam kehidupan. Kontribusinya Azra yakni tidak akan luput dalam penggunaan ilmu teknologi-sains dalam proses pendidikan dan pengajaran berlangsung, serta menggunakan metode yang di sesuaikan dengan kondisi peserta didik, pun pula melihat kondisi masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:17
Last Modified: 04 Jul 2022 01:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20326

Actions (login required)

View Item View Item