Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di TK Tunas Harapan 2 Desa Dukuh Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan

Rahmadhani, Miftahul Wahid (2022) Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di TK Tunas Harapan 2 Desa Dukuh Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MIFTAHUL WAHID RAHMADHANI-1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rahmadhani, Miftahul Wahid. 2022. Manajemen Sarana dan Prasarana di TK Tunas Harapan 2 Dukuh Kecamatan Magetan. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Ghafar, M.Pd.I.

Kata Kunci: Manajemen, Sarana dan Prasarana, TK Tunas Harapan 2 Dukuh

Pendidikan merupakan hal yang penting. Karena melalui pendidikan seseorang itu bisa mendapatkan suatu pengetahuan, baik dalam pendidikan formal maupun non formal. Untuk bisa menjalankan pendidikan itu tidak ada pembatasan usia dan tempat, jadi pendidikan itu bisa dilaksanakan kapan saja dan dimana saja. Pendidikan anak usia dini itu sangat penting, karena di usia dini seorang anak itu sedang berada dalam masa emas. Berdasarkan permendiknas No.24 Tahun 2007 sarana prasarana merupakan segala sesuatu yang menyangkut peralatan kegiatan untuk pembelajaran dan terlaksananya tujuan pendidikan itu sendiri, sarana prasarana adalah meliputi taman, gedung, aula, kebun, kelas, meja, kursi, dan media pembelajaran dll. Sarana dan prasarana yang telah disediakan pemerintah ataupun yayasan seharusnya bisa dikelola dan dengan baik demi kepentingan sekolah sendiri, kegiatan mengelola ini disebut dengan manajemen sarana prasarana.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui, 1) Manajemen sarana dan prasarana pendidikan di TK Tunas Harapan Desa Dukuh Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. 2) Standart sarana dan prasarana di taman kanak-kanak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan yang digunakan berupa deskriptif. Penelitian ini dilakukukan di TK Tunas Harapan 2 Dukuh. Narasumber pada penelitian ini adalah kepala sekolah TK Tunas Harpan 2 Dukuh. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) TK Tunas Harapan 2 Dukuh melaksanakan fungsi manajemen sarana dan prasarana dengan semestinya. Fungsi tersebut adalah perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, dan juga penghapusan. Perencanaan adalah menyusun daftar barang dibutuhkan. Pengadaan adalah suatu proses mengadaan barang. Pengadaan di TK Tunas Harapan 2 Dukuh bersumber dari hibah dan renovasi. Pemeliharaan adalah kegiatan memelihara sarana dan prasarana dengan tujuan supaya barang tersebut awet. Semua warga sekolah wajib berkontribusi dalam hal pemeliharaan barang. Penghapusan adalah kegiatan menghilangkan barang yang sudah tidak bisa digunakan. Penghilangan barang bertujuan untuk mengurangi dana renovasi dan juga menghemat tempat. 2) Standart sarana dan prasarana di sekolah TK Tunas Harapan 2 Dukuh adalah aman dan nyaman

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2022 09:17
Last Modified: 01 Jul 2022 09:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20317

Actions (login required)

View Item View Item