..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Analisis Nilai-nilai Karakter Dalam Cerita Pewayangan Lakon Babad Alas Wanamarta Sebagai Sumber Pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 5 Ponorogo

Lestari, Yayuk (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Analisis Nilai-nilai Karakter Dalam Cerita Pewayangan Lakon Babad Alas Wanamarta Sebagai Sumber Pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 5 Ponorogo. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
208180084_YAYUK LESTARI_TIPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS mempelajarari tentang masyrakat. Tidak hanya itu tetapi pembelajaran IPS juga membahas tentang masyarakat, lingkungan temapat tinggal dan juga budayanya. Budaya meupakan hasil ciptaan manusia yang diwariska dari genereasi ke genegrasi.Wayang kulit merupakan budaya indonesia yang berasal dari Jawa yang mendapat penghargaan dari UNESO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage Humanity pada tahun 2003. Di dalam wayang terdapat berbagai banyak macam cerita dan tokoh wayang. Salah satatunya adalah cerita wayang mahabarata tentang lakon babad alas wanamarta. Dalam lakon babad alas wanamarta menceritakan konflik social anatara Pandawa dan Kurawa atas tahta Astinapura dan juga perjuangan Pandawa membangun kerajaan amarta. Lakon babad alas wanamarta digunakan sebagai pembelajaran dalam materi konflik social kelas VIII menanamkan nilai-nilai karakter, Pendidikan , dan moral sejak dini agar menjadi insan yang beraklaq mulia.
Penelitian dilakukan oleh peneliti memiliki tujuan yaknni berupa 1) untuk mengetahui nilai karakter dalam cerita pewayangan lakon babad alas wanamarta sebagai sumber pembelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMPN 5 Ponorogo. 2) untuk mengetahui proses pembelajaran nilai-nilai karakter dalam pewayangan lakon babad alas wanamarta sebagai sumber pembelajaran IPS terpadu di SMPN 5 Ponorogo. 3) untuk mengetahui manfaat nilai-nilai karakter dalam cerita pewayangan lakon babad alas wanamarta sebagai sumber pembelajaran IPS terpadu di SMPN 5 Ponorogo
Jenis penelitian ini adalah study kasus, dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dengan menggunakan motode kualitatif, adapun teknik penulis yang gunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analalisis yang digunakan adalah analisis Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, kemudian kesimpulan.
Hasil penelitian yang disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut: 1) nilaia-nilai karakter yang ada dalam cerita pewayangan lakon babad alas wanamarta diantaranya adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, cinta tanah air, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. 2) untuk proses pembelajaran IPS dari cerita pewayangan lakon babad wanamarta kelas VIII di SMPN 5 Ponorogo dimulai dengaguru menjelaskan materi tentang konflik social kemudian guru menerangkan cerita pewayangan babad wanamarta dan menyampaikan nilai-nilai karakter kepada siswa setekah itu meberikan soal. Untuk pelaksanaan nilai karakter itu sendiri sebagai guru harus memberikan contoh kepada siswa karena guru disini sebagai panutan. 3) Mnfaat nilai-nilai karakter lakon cerita wayang babad wanamart sebagai sumber pembelajaran IPS dianataranya adalah pembelajarannya mudah difahami, menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa supaya Ketika dewasa menjadi insan yang mulia.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2022 09:14
Last Modified: 01 Jul 2022 09:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20314

Actions (login required)

View Item View Item