..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di TK Tunas Harapan 2 Desa Dukuh Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan

Rahmadhani, Miftahul Wahid (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di TK Tunas Harapan 2 Desa Dukuh Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MIFTAHUL WAHID RAHMADHANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rahmadhani, Miftahul Wahid. 2022. Manajemen Sarana dan Prasarana di TK Tunas Harapan 2 Dukuh Kecamatan Magetan. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Ghafar, M.Pd.I.

Kata Kunci: Manajemen, Sarana dan Prasarana, TK Tunas Harapan 2 Dukuh

Pendidikan merupakan hal yang penting. Karena melalui pendidikan seseorang itu bisa mendapatkan suatu pengetahuan, baik dalam pendidikan formal maupun non formal. Untuk bisa menjalankan pendidikan itu tidak ada pembatasan usia dan tempat, jadi pendidikan itu bisa dilaksanakan kapan saja dan dimana saja. Pendidikan anak usia dini itu sangat penting, karena di usia dini seorang anak itu sedang berada dalam masa emas. Berdasarkan permendiknas No.24 Tahun 2007 sarana prasarana merupakan segala sesuatu yang menyangkut peralatan kegiatan untuk pembelajaran dan terlaksananya tujuan pendidikan itu sendiri, sarana prasarana adalah meliputi taman, gedung, aula, kebun, kelas, meja, kursi, dan media pembelajaran dll. Sarana dan prasarana yang telah disediakan pemerintah ataupun yayasan seharusnya bisa dikelola dan dengan baik demi kepentingan sekolah sendiri, kegiatan mengelola ini disebut dengan manajemen sarana prasarana.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui, 1) Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan di TK Tunas Harapan 2 Desa Dukuh Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. 2) Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan di TK Tunas Harapan 2 Desa Dukuh Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan yang digunakan berupa deskriptif. Penelitian ini dilakukukan di TK Tunas Harapan 2 Dukuh. Narasumber pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru TK Tunas Harpan 2 Dukuh. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan yang dilakukan di TK Tunas Harapan 2 Desa Dukuh Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan, dilakukan oleh kepala sekolah beserta guru. Diawali dengan membuat rincian barang dan rincian anggaran. Sebelum membuat rincian barang pihak yang berwajib akan menampung semua saran dari siswa, guru sampai komite sekolahan. Barang yang mempunyai fungsi dan kegunaan jangka panjang akan dimasukkan kedalam rincian barang yang akan diajukan. Kemudian pihak sekolah akan mengajukan proposal ke BPOPP dikpora. Setelah itu akan ada tahap tanda tangan kontrak. Setelah itu dana akan dicairkan dan pihak sekolah akan membelanjakan sesuai dengan barang yang di acc oleh pihak BPOPP dikpora. 2) Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan yang dilakukan di TK Tunas Harapan 2 Desa Dukuh Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan, dilakukan oleh kepala sekolah, guru dan siswa. Guru mengajarkan kepada siswa untuk menggunakan sarana dan prasarana di sekolah dengan baik, benar dan hati-hati. Selain siswa, guru juga memelihara fasilitas sekolah dengan menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:24
Last Modified: 01 Jul 2022 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20301

Actions (login required)

View Item View Item