Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Self Control Siswa Kelas X IPS Di MAN 1 Ponorogo

Hidayat, Khoirul (2022) Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Self Control Siswa Kelas X IPS Di MAN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180120_Khoirul Hidayat_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hidayat, Khoirul, 2022. Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Self Control Siswa Kelas X IPS Di MAN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran, Self Control.
Di era perkembangan zaman yang serba modern ini para remaja dihadapakan empat tahap krisis yaitu krisis jati diri, ideologi, karakter dan kepercayaan. Banyak kenakalan-kenakalan remaja yang merujuk pada perilaku yang menyimpang dan melanggar norma-norma yang berlaku. Perilaku menyimpang pada remaja pada umumnya adalah “kegagalan sistem kontrol diri” terhadap impuls-implus, dorongan primitif dan sentimen yang mengarah pada perilaku kejahahatan, kekerasan, agresif yang di anggap mengandung “nilai lebih” oleh kelompok remaja tersebut. Merujuk pada problem tersebut peneliti, tertarik melakukan penelitian di MAN 1 Ponorogo dengan berbagai pertimbangan yaitu (1) Peserta didik MAN 1 Ponorogo masih banyak yang belum bisa mengontrol dirinya seperti halnya: tidak disiplin, tidak menaati peraturan sekolah, masih banyak peserta didik yang kurang menghormati guru bahkan sampai ada yang melawan guru serta belum bisa mengotrol emosinya dan cenderung berkelahi dengan teman sebayanya. (2) Terdapat kenakalan peserta didik yang menyimpang pada akhlak, banyak peserta didik yang meninggalkan mata pelajaran pendidikan agama Islam pada saat pembelajaran (KBM) dikarenakan tidak suka guru yang mengajar atau tidak suka dengan materi yang diajarkan, dan kurangnya keseadaran peserta didik bahwa perbuatan bolos merupakan hal yang kurang baik dan mereka beranggapan bahwa bolos bisa terlepas dari aturan sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan peran guru PAI dalam mengembangkan self control siswa kelas X IPS di MAN 1 Ponorogo, (2) Menjelaskan implikasi upaya guru PAI dalam mengembangkan self control terhadap perilaku siswa kelas X IPS di MAN 1 Ponorogo, (3) Menjelaskan kendala-kendala dan hambatan upaya mengembangkan self control terhadap perilaku siswa kelas X IPS di MAN 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis penelitiannya menggunakan teorinya Miles dan Hubermen yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (data conclusion of verification).
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: (1) Peran guru PAI dalam mengembangkan self control siswa kelas X IPS di MAN 1 Ponorogo yaitu dengan cara memberikan pengarahan, pendampingan, pengawasan, menanamkan kebiasaan-kebiasaan positif, dan membuat kegiatan keagamaan secara rutin dan terprogram, (2) Implikasi upaya guru PAI dalam mengembangkan self control terhadap perilaku siswa kelas X IPS di MAN 1 Ponorogo yaitu dengan cara menerapkan kegiatan-kegiatan keagamaan dan menerapkan pembiasaan-pembiasaan positif. Adapun kegiatan keagamaannya meliputi pelatihan qiro’ah, pelatihan tahfidz, Khatmil Qur’an, muhadhoroh, mengadakan pondok kilatan dibulan Ramadhan, dan memperingati hari-hari besar Islam. Dalam penerapan self control peserta didik para guru PAI menggunakan pendekatan materi yaitu materi Pendidikan Agama Islam meliputi: keimanan, pengamalanm, pembiasaan, rasional, emosional, fungsional dan keteladanan. Pendekatan ini dilakukan guna untuk membentuk self control peserta didik yang terarah dan terstruktur. (3) Kendala-kendala dan hambatan guru PAI dalam mengembangkan self control terhadap perilaku siswa kelas X IPS di MAN 1 Ponorogo dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu faktor lingkungan keluarga (orang tua), peserta didik itu sendiri, dan media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:22
Last Modified: 01 Jul 2022 02:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20300

Actions (login required)

View Item View Item