Pembelajaran Qiro>’ah Ghori>bah dalam Pembelajaran Al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo)

Purnomo, Edi (2022) Pembelajaran Qiro>’ah Ghori>bah dalam Pembelajaran Al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210315238 EDI PURNOMO A4 wtrmk.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Purnomo, Edi. 2022. “Pembelajaran Qiro>’ah Ghori>bah dalam Pembelajaran Al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo)”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I

Kata Kunci: Pembelajaran Qiro’ah Gharibah dan Pembelajaran Al-Qur’an

Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an, selain mempelajari ilmu tajwid perlu bagi pendidik untuk mengenalkan kepada peserta didik tentang pembelajaran Qiro>’ah Ghori>bah. Dalam materi ghori>bah dijelaskan tentang bacaan-bacaan Al-Qur’an yang tidak sesuai dengan tulisannya. Banyak lafal dalam ayat-ayat Al-Qur’an yang aneh bacaannya. Maksud aneh adalah ada beberapa bacaan di dalam Al-Qur’an yang tulisannya dan cara membacanya tidak sesuai dengan kaidah aturan membaca yang pada umumnya atau yang biasa berlaku dalam kaidah bacaan bahasa arab. Oleh karena itu, kajian tentang Qiro>’ah Ghori>bah layak untuk diteliti.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Qiro>’ah Ghori>bah di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. 2) Bagaimana Keberhasilan Pembelajaran Qiro>’ah Ghori>bah Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri. 3) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Qiro>’ah Ghori>bah.
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini, yaitu 1) Pelaksanaan pembelajaran Qiro>’ah Ghori>bah di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak yaitu ustadz melakukan persiapan kemudian pelaksanaan pembelajaran di awali dengan pembukaan, penjelasan materi dan penutup. Metode yang digunakan metode ceramah, metode tanya jawab dan metode latihan. Evaluasi dilakukan pada akhir semester dan ketika proses pembelajaran. 2) Keberhasilan pembelajaran Qiro>’ah Ghori>bah di Pondok Pesantren darul Huda mayak, dapat diketahui dari data secara keseluruhan santri kelas 3 total 150. Santri yang naik kelas sebanyak 143 santri, dan yang tidak naik kelas ada 7 santri. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an memiliki kemampuanyang sudah baik. 3) Faktor pendukung pembelajaran Qiro>’ah Ghori>bah di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak adalah perhatian ustadz, perhatian dan minat peserta didik dan dukungan belajar dari pengurus pendidikan. Sedangkang faktor penghambat pembelajaran Qiro>’ah Ghori>bah di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak yaitu: kurangnya minat peserta didik dan kurangnya perhatian dari pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:20
Last Modified: 01 Jul 2022 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20299

Actions (login required)

View Item View Item