..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Manajemen Program Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo

Hidayatulloh, Rohmat (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Manajemen Program Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Rohmat Hidayatulloh Nim 211215029.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Rohmat Hidayatulloh, 2022, Manajemen Program Kesiswaan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi jurusan Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.

Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Kualitas Pembelajaran
Dalam hal ini penulis sengaja memilih SMK PGRI 2 Ponorogo yang tergolong favorit yang merupakan salah satu sekolah yang berkualitas dan banyak diminati oleh kalangan masyarakat, khususnya di kota Ponorogo. Hal ini terlihat dari meningkatnya peserta didik dari tahun ke tahun jumlahnya semakin meningkat, mendapatkan penghargaan di setiap lomba baik daerah, kota ataupun nasional dan internasional. Selain itu sekolahnya sangat lengkap dari segi sarana dan prasarananya yang mendukung proses belajar mengajar para siswa.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan program kesiswaan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo; 2) Untuk mengetahui pelaksanaan program kesiswaan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo; 3) Untuk mengetahui evaluasi program kesiswaan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Adapun penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan data yang didapat dari siswa, karyawan, guru dan kepala sekolah SMK PGRI 2 Ponorogo dengan menggunakan metode triangulasi sumber, dengan menggabungkan pengumpulan data dengan teknik observasi terus terang atau tersamar dan wawancara terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data di lapangan model Miles and Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian, dihasilkan: 1) perencanaan program kesiswaan yang dilakukan oleh SMK PGRI 2 Ponorogo dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswanya adalah dengan cara scanning atau seleksi secara matang. Bukan seleksi diterima atau tidaknya, melainkan untuk mengetahui bakat, minat, intelegensi dari calon peserta didik. Hal ini dikarenakan SMK PGRI 2 Ponorogo ingin hasil yang optimal dalam pembelajaran; 2) Selanjutnya pelaksanaan program kesiswaan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo adalah prioritas program kedisiplinan. SMK PGRI 2 Ponorogo mengadopsi beberapa peraturan pesantren untuk menunjang hal tersbut. Yang paling terlihat adalah soal jam kedatangan siswa dan pulang sekolah. Hal tersebut di lakukan agar dapat melatih mental, sifat dan perilaku mereka apabila di kemudian hari mereka lulus dan suatu hari dapat menerapkannya ke dalam dunia kerja; 3) Evaluasi program kesiswaan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo dilakukan dengan cara melihat efektifitas dan efisiensi dalam pengelompokan peserta didik yang dilakukan oleh lembaga. Tentang penyerapan alumni peserta didik oleh dunia kerja atau akademis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:18
Last Modified: 01 Jul 2022 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20298

Actions (login required)

View Item View Item