..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, DAN PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Melalui Program Bimbingan Keagamaan Di SMPN 3 Dolopo Madiun Tahun Ajaran 2021-2022

Puspitasari, Richa Merry and Afif, Yusmicha Ulya (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, DAN PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Melalui Program Bimbingan Keagamaan Di SMPN 3 Dolopo Madiun Tahun Ajaran 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180420_Richa Merry Puspitasari_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Puspitasari, Richa Merry. 2022. Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa
Melalui Program Bimbingan Keagamaan Di SMPN 3 Dolopo Madiun Tahun Ajaran 2021-2022.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I
Kata Kunci : Peran Guru, Perilaku Bullying, Bimbingan Keagamaan
Bullying merupakan perilaku menyimpang yang dilakukan oleh seseorang maupun
sekelompok orang untuk menyakiti korbannya baik secara fisik maupun secara verbal. Perilaku
bullyingyang terjadi di SMPN 3 Dolopo Madiun ini dapat berupa bullying fisik dan juga
bullying verbal, dan apabila perilaku ini tidak segera diatasi akan membawa dampak buruk
terhadap kondisi psikologis siswa. Oleh karena itu, guru mempunyai peranan yang penting
dalam membentuk karakter peserta didik salah satunya melalui program bimbingan keagamaan.
Bimbingan keagamaan merupakan salah satu proses bantuan yang diberikan oleh guru pada
peserta didik supaya mempunyai dasar agama yang baik, selain itu juga sebagai wadah untuk
menyelesaikan sebuah masalah salah satunya perilaku bullying dengan cara memberikan nasihat
dan arahan supaya para peserta didik dapat kembali ke jalan yang lurus.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1)Untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying
yang ada di SMPN 3 Dolopo Madiun 2)Untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi
perilaku bullying pada siswa melalui program bimbingan keagamaan di SMPN 3 Dolopo
Madiun 3)Untuk mengetahui hasil dari program bimbingan keagamaan yang dilakukan guru
dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa di SMPN 3 Dolopo Madiun.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana peneliti
langsung datang ke lapangan untuk mengetahui fenomena yang terjadi, sesuai rumusan masalah
yang sudah disusun. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang telah digunakan adalah menurut Miles dan
Huberman, dan Saldana diantaranya: kondensasi (data condensation), penyajian data (data
display), dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing).
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa hasil penelitian ini dapat disimpulkan
sebagai berikut: 1) Bentuk perilaku bullying yang terjadi di SMPN 3 Dolopo ini diantaranya
dalam bentuk fisik seperti memukul, mengosek kepala, menjepret menggunakan dasi dan
menarik jilbab. Sedangkan untuk bullying verbal seperti memanggil dengan sebutan, mengolok�olok, dan berkata kotor. 2) Strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying melalui program
bimbingan keagamaan yang diantaranya mengajarkan dan membina siswa agar berperilaku
islami, membiasakan pada mereka untuk meningkatkan ibadah, seperti membaca Al-Qur’an,
melaksanakan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah supaya mereka mempunyai akhlak
yang baik. 3) Hasil dari progam bimbingan keagamaan membawa dampak yang baik, sehingga
kasus bullying di SMPN 3 Dolopo Madiun rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:17
Last Modified: 01 Jul 2022 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20293

Actions (login required)

View Item View Item