..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Peran Guru Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Melalui Metode Talaqqi Di Madrasah Diniyah Darul Qudus, Takeran, Magetan

Shalekhah, Siti Magfiratul (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Peran Guru Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Melalui Metode Talaqqi Di Madrasah Diniyah Darul Qudus, Takeran, Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180444_SITI MAGFIRATUL S_PAI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Shalekhah, Siti Magfiratul. 2022. Peran Guru Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Melalui Metode Talaqqi Di Madrasah Diniyah Darul Qudus, Takeran, Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembiming Erwin Yudi Prahara, M.Ag

Kata Kunci: Peran Guru, Kemampuan Membaca Al-qur’an, Metode Talaqqi

Mencintai al-Qur’an adalah suatu kewajiban yang mestinya sudah tertanam sejak dini. Akan tetapi, sejak berkembangnya teknologi minat belajar al-Qur’an pada diri seorang anak mengalami penurunan sehingga mengakibatkan kemampuan membaca al-Qur’an yang mereka miliki rendah. Dalam mengatasi hal tersebut, upaya yang dilakukan untuk menarik perhatian mereka kembali adalah menggunakan metode dalam pembelajaran al-Qur’an. Metode Talaqqi merupakan metode belajar al-Qur’an yang dilakukan secara tatap muka antara pendidik dengan para santri. Dalam menerapkan metode dibutuhkan suatu keterampilan bagi seorang guru agar suasana belajar di kelas tidak membosankan. Madrasah Diniyah Darul Qudus Takeran merupakan lembaga pendidikan non-formal yang dalam pembelajaran al-Qur’annya menggunakan metode. Metode yang digunakan adalah metode Talaqqi. Adanya keunikan dalam madrasah diniyah ini menjadikan alasan yang menarik bagi peneliti untuk mengadakan penelitian lebih mendalam mengenai peran guru Madrasah Diniyah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri melalui metode Talaqqi.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui penerapan metode Talaqqi di Madrasah Diniyah Darul Qudus, Takeran, Kabupaten Magetan. (2) Untuk mengetahui dan memahami faktor pendukung dan penghambat penerapan Mmtode Talaqqi di Madrasah Diniyah Darul Qudus, Takeran, Kabupaten Magetan. (3) Untuk mengetahui dan memahami peran guru Madrasah Diniyah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an Santri di Madrasah Diniyah Darul Qudus, Takeran, Kabupaten Magetan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Di mana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk mengetahui secara langsung fenomena yang sesuai pada rumusan masalah secara langsung. Teknik pengumpulan data yang peneliti dimulai dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik analisis data berupa deduktif dan induktif dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Penerapan metode Talaqqi di Madrasah Diniyah “Darul Qudus” Takeran dibagi menjadi tiga tahapan kegiatan pembelajaran, yaitu: kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dimulai dari mengucap salam dan berdoa, melakukan muraja’ah hafalan surat-surat pendek, dilanjutkan dengan mengulang atau menambah materi dan membaca buku Iqra’, dan ditutup dengan membaca doa dan kafaratul majelis. (2) Faktor pendukung penerapan metode Talaqqi di Madrasah Diniyah “Darul Qudus” Takeran adalah minat belajar santri, memiliki guru Madrasah Diniyah yang menguasai materi pembelajaran ilmu tajwid dan lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat adalah kekurangan tenaga pengajar dan keterbatasan fisik santri, khususnya pada alat pendengaran dan lisan. (3) Peran yang dilaksanakan oleh guru Madrasah Diniyah “Darul Qudus” Takeran dalam meningkatkan kemampuan al-Qur’an santri adalah sebagai pendidik dan pembimbing. Selain itu, peran yang mendukung untuk meningkatkan minat belajar al-Qur’an adalah peran sebagai motivator dan inovator.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:16
Last Modified: 21 Oct 2022 07:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20292

Actions (login required)

View Item View Item