Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Al-Qur'an Di Madrasah Diniyah AL Ittihad Badegan Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022

Ramadhon, Zulfikar Wahyu (2022) Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Al-Qur'an Di Madrasah Diniyah AL Ittihad Badegan Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210315103_Zulfikar Wahyu Ramadhon_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ramadhon, Zulfikar Wahyu 2022. “Peran Orangtua Dalam Memotivasi Anak Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ittihad Badegan Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururuan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Afif Syaiful Mahmudin M. PdI.

Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Kelancaran Membaca Siswa.
Dalam pendidikan Islam anak adalah amanah yang diberikan oleh Allah swt kepada orangtuanya, karena itu orangtua harus menjaga dan memelihara amanah. Diantara pendidikan yang diberikan orang tua kepada anak adalah pendidikan Al-Quran. Dengan memberikan pendidikan Al-Qur’an pada anak orang tua akan mendapatkan keberkahan dan kemuliaan. Dalam hal ini yang terjadi di Madrasah Diniyah Al Ittihad Badegan dukungan dan pengarahan dari orangtua dalam mempelajari Al-Qur’an sangat minim, sehingga siswa kurang perhatian dalam belajar membaca Al-Qur’an.
Rumusan masalah dalam penelitian ini; 1) Bagaimana peranan orang tua dalam memotivasi anak untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Al Ittihad Badegan Ponorogo? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat siswa dalam membaca Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Al Ittihad Badegan Ponorogo? 3) Bagaimana implikasi peranan orang tua dalam memotivasi siswa untuk belajar di Madrasah Diniyah Al-Ittihad Badegan Ponorogo?
Adapun metode penelitian kualitatif ini menggunakan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan temuan.
Hasil penelitian ini adalah; 1) Peran orang tua dalam memotivasi anak untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Madrasah Diniyah Al Ittihad Badegan Ponorogo dengan cara bantuan finansial, sebagai pendamping dan memberi reward . 2) Faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa Madrasah Diniyah Al Ittihad Badegan Ponorogo diantaranya adalah memberikan perhatian, mengajari dengan telaten dan sabar, fasilitas belajar, media, dan alat belajar sedangkan faktor penghambatnya keterbatasan progam belajar yang ada di madrasah. 3) Implikasi peran orang tua dalam memotivasi siswa untuk belajar di madrasah diniyah al ittihad badegan supaya meningkatnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:52
Last Modified: 30 Jun 2022 04:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20279

Actions (login required)

View Item View Item