Pendidikan Akhlak Dalam Film Kartun Syamil Dan Dodo Dan Relevansinya Terhadap Materi Akidah Akhlak Kelas I Madrasah Ibtidaiyah

Ni'mah, Isna Lailatun (2022) Pendidikan Akhlak Dalam Film Kartun Syamil Dan Dodo Dan Relevansinya Terhadap Materi Akidah Akhlak Kelas I Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180186_ISNA LAILATUN NI'MAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ni’mah, Isna Lailatun. 2022. Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Film Kartun SyamilDan Dodo Dan Relevansinya Terhadap Materi Akidah Akhlak Kelas I Madrasah Ibtidaiyah.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Dhinuk Puspita Kirana, M.Pd.
Kata kunci :Pendidikan Akhlak, Film kartun Syamil dan Dodo, Materi Akidah Akhlak
Media informasi tidak dapat dipisahkan dengan teknologi. Perkembangan alat-alat teknologi di satu sisi memberi kemudahan kepada masyarakat. Di sisi lain pertumbuhan teknologi menyebabkan manusia semakin tereksploitasi oleh sesamanya. Melalui media massa informasi bisa tersebar melalui media elektronik kelemahan media massa elektronik memiliki program-program yang ditayangkan baik itu televisi, internet, maupun film tentu tidak bebas nilai, di dalamnya pasti terdapat kepentingan-kepentingan, baik itu kepentingan komersial ataupun kepentingan ideologi. Terbukti pada saat ini anak-anak sudah mengalami krisis keteladanan dan kemrosotan akhlak yang baik, melalui siaran televisi maupun internet (YouTube). Dari berbagai program Youtube justru memperoleh tayangan yang di dominasi oleh acara hiburan, acara sintron, acara gosip selebritiacara-acara luar negeri (seperti film dari korea, india dan masih banyak lagi) yang tidak dapat diharapkan memberikan contoh keteladanan islami secara utuh. Akibatnya, muncullah anak yang berperilaku suka berbohong, tidak amanah, sering bertengkar, saling mengejek, dan pemalas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikan akhlak apa saja yang terkandung dalam film kartun Syamil dan Dodo dan untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan akhlak dalam film kartun Syamil dan Dodo terhadap materi pelajaran Akidah Akhlak kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah.
Pendekatan penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotik teori Roland Barthes.Yang diciptakan oleh olehtokoh Ferdinand De Saussure. Dalam pendekatan Teori Semiotika Roland Barthes terbagi menjadi tiga tahap pemaknaan, yaitu denotasi, konotasi dan mitos.
Hasil penlitian ini adalah pendidikan akhlak adalah pendidikan yang sangat penting, terutama pada usia anak-anak. Hal ini dikarenakan masa anak-anak adalah masa yang paling kondusif untuk menanamkan kebiasaan yang baik agar besar menjadi sifat dan karakter yang melekat pada manusia. Dengan tujuan akhir dari pendidikan akhlak adalah menjadi manusia yang utama atau insanul kamil. Tujuan pendidikan akhlak menurut Syeikh Imam Kholil Bangkalan adalah untuk membentuk orang-orang yang bermoral baik, keras kemauan, sopan dalam bicara dan mulia dalam bertingkah laku dan perangai, bersifat bijaksana, sempurna, sopan dan beradab, ikhlas, serta jujur. Pendidikan akhlak yang terdapat dalam film kartun Syamil dan Dodo sangatlah banyak, tetapi peneliti hanya mengambil episode akhlak jujur. Relevansinya film kartun Syamil dan Dodo terhadap materi akidah akhlak kelas I Madrasah Ibtidaiyah adalah bisa dijadikan sebagai media pembelajaran untuk pendidik, suatu media pembelajaran menjadi lebih menarik, dan proses belajar mengajar pun menjadi lebih menyenangkan. Serta menjadikan para peserta didik tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dhinuk Puspita Kirana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:54
Last Modified: 30 Jun 2022 04:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20276

Actions (login required)

View Item View Item