Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Syi'ir Ngudi Susila di Madrasah Diniyah Awwaliyah Hidayatul Mubtadi'in Wonojati Suren Mlarak Ponorogo

Salma Mahfudhona, Ziyan (2022) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Syi'ir Ngudi Susila di Madrasah Diniyah Awwaliyah Hidayatul Mubtadi'in Wonojati Suren Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Ziyan Salma Mahfudhona_201180472_PAI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mahfudhona, Ziyan Salma, 2022. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Syair
Kitab Ngudi Susila di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’in Wonojati Suren Mlarak
Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Erwin Yudi Prahara,
M.Ag.
Kata Kunci : Nilai-Nilai Pendidikan, Akhlak, Kitab Syi’ir Ngudi Susila
Permasalahan kemerosotan akhlak anak dalam kehidupan sehari-hari sudah semakin
marak, dilihat dari semakin banyaknya anak yang kurang sopan terhadap gurunya dan kasuskasus lainnya. Dengan hal ini mungkin disebabkan karena kurangnya pendidikan akhlak anak.
Di lembaga pendidikan Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’in Wonojati Suren Mlarak
Ponorogo sangat mengutamakan pendidikan akhlak dan pembentukan karakter anak, agar anak
menjadi pribadi yang baik.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, mengetahui dan memahami : (1) Nilai-nilai
pendidikan akhlak dalam kitab syi’ir ngudi susila, (2) Pererapan nilai-nilai pendidikan akhlak
dalam kitab syi’ir ngudi susila, (3) Dampak dari pendidikan akhlak tersebut.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan model penelitian deduktif dan induktif. Teknik
yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain: kepala sekolah, guru,
dan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi
data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan observasi dan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai-Nilai pendidikan akhlak yang
terkandung dalam kitab syi’ir ngudi susila terdapat 7 bab, yaitu cara membagi waktu,
adab/tingkah di Sekolah, adab dan tingkah laku di rumah/ketika pulang dari sekolah, adab
bersama guru/berhadapan dengan gurunya, adab jika ada tamu, sikap/perilaku yang sopan
santun, dan yang terakhir cita-cita luhur/mulia. (2) Dalam penerapan nilai-nilai pendidikan
akhlak dalam syi’ir ngudi susila di Madrasah Diniyah ini akan menggunakan atau menerapkan
pembiasaan, ceramah ataupun dengan bercerita, dengan ini murid dapat mencontoh dan
terinspirasi oleh gurunya dalam bertingkah laku sopan santun dan selalu membiasakan
kedisiplinan dalam menjalankan kegiatan yang ada di Madrasah tersebut. Di Madrasah juga
menerapkan metode sorogan untuk melatih anak agar selalu disiplin waktu dan menggunakan
waktu dengan sebaik-baiknya, kemudian membiasakan bersalaman dengan guru ketika datang
dan pulang sekolah . (3) Dampak penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam syi’ir ngudi
susila yang dilakukan di Madrasah Diniyah ini akan menjadikan peserta didik berperilaku baik
atau berakhlakul karimah, sopan santun, menghormati guru, lebih bisa menghargai waktu,
selalu datang di Madrasah dengan tepat waktu, selalu memperhatikan guru ketika pembelajaran
berlangsung, dan menjadikan peserta didik sebagai insan kamil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:52
Last Modified: 30 Jun 2022 04:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20274

Actions (login required)

View Item View Item