Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fiqih Dengan Model True Or False Kelas V Di MIN 6 Magetan Tahun Ajaran 2021/2022

Putri, Sindi (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fiqih Dengan Model True Or False Kelas V Di MIN 6 Magetan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617090 Sindi Putri Afia Yahya PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Putri, Sindi. 2022 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fiqih Dengan Menggunakan Model True or False Kelas V di MIN 6 Magetan Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Risma Dwi Arisona, M.Pd.

Kata Kunci :, Hasil Belajar, Fiqih, Model True Or False

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan proses pembelajaran di MIN 6 Magetan yang kurang menarik bagi peserta didik, sehingga peserta didik merasa tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru hanya menggunakan metode konvensional. Sehingga pembelajaran belum berjalan maksimal dan berdampak pada hasil belajar peserta didik. Menggunakan model true or false dalam pelajaran fiqih di MIN 6 Magetan semoga akan meningkat hasil belajar siswa yang lebih baik dan mudah untuk dipahami oleh siswa tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui bagaimana model true or false dapat meningkatkan pemahaman hasil belajar materi fiqih siswa kelas V di MIN 6 Magetan Tahun Ajaran 2021/2022 (2) untuk mengetahui apakah model true or false dapat meningkatkan hasil belajar materi fiqih siswa kelas V di MIN 6 Magetan Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan pada MIN 6 Magetan . Pada siklus 1 dengan materi fiqih yang berjudul qurban dan pada siklus 2 materi fiqih dengan judul haji dan umrah.
Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model True Or False pada materi fiqih mampu meningkatkan pemahaman siswa pada materi fiqih dengan menggunakan 3 cara yaitu kebenaran menjawab pertanyaan, kecepatan mengerjakan pertanyaan, tepat waktu mengerjakan pertanyaan . Siklus I siswa yang benar menjawab pertanyaan 47%, siswa yang cepat mengerjakan soal pertanyaan 24 %, siswa yang tepat waktu dalam mengerjakan pertanyaan 17 %. Siklus II mengalami peningkatan menjadi siswa yang benar menjawab pertanyaan 59 % , siswa yang cepat mengerjakan pertanyaan 41 %, siswa yang tepat waktu mengerjakan pertanyaan 35 %. Hasil penelitian untuk mengetahui apakah model true or false dapat meningkantkan hasil belajar siswa pada materi fiqih dengan melihat hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang nilainya rendah 8 siswa atau 50% untuk nilainya sedang 5 siswa atau 30% nilai yang paling tinggi diperoleh 4 siswa atau 20 %. Siklus 2 meningkat menjadi yang nilainya rendah 2 siswa atau 10% nilai sedang 8 siswa atau 50% dan nilai tinggi 7 siswa atau 40%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:48
Last Modified: 30 Jun 2022 01:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20266

Actions (login required)

View Item View Item