TINJAUAN PSIKOLOGI KELUARGA ISLAM TERHADAP ANAK PASCA PERCERAIAN DI DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO

Al Qosam, Mohammad Izzudin (2022) TINJAUAN PSIKOLOGI KELUARGA ISLAM TERHADAP ANAK PASCA PERCERAIAN DI DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210115005_MOHAMMAD IZZUDIN AL QOSAM_HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Al-Qosam, Mohammad Izzudin. 2022. Tinjauan Psikologi Keluarga Islam Terhadap Anak Pasca Perceraian Di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata Kunci: Psikologi, Keluarga, Anak.
Dalam konteks keluarga, anak adalah amanah dari Allah SWT. Maka dari itu anak-anak mempunyai hak untuk mendapatkan asuhan dengan secara sebaik-baiknya. Dalam aspek lahiriah orang tua dapat memberikan sandang, pangan, dan papan yang cukup, sedangkan dalam aspek rohaniah dan psikologi seorang anak juga memerlukan perhatian, kasih sayang, dan bimbingan dalam kegiatan belajarnya, sampai nanti anak tersebut benar-benar mampu untuk memikul tanggung jawabnya sendiri sebagai manusia.
Dalam berbagai kasus tidak terjaminnya hak-hak anak terutama disebabkan oleh faktor orang tuanya, baik karena orang tua tidak bertanggung jawab, tidak terpenuhinya aspek ekonomi, tidak memadainya pola pikir orang tua dan lain sebagainya. Terlebih jika orang tua memutuskan untuk bercerai, maka potensi ketidak terjaminnya hak-hak anak akan semakin besar, terutama dalam hal-hal pemenuhan aspek psikologisnya. Dari latar belakang berikut maka penelitian ini mengacu pada pokok permasalahan: (1) Bagaimana Tinjauan Psikologi Keluarga Islam terhadap mental anak pasca perceraian di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan psikologi keluarga islam terhadap nilai agama dan moral anak di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo?.
Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian Field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dan Dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan cara Editing, Organizing, dan Penemuan hasil riset.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Menurut analisis Psikologi Keluarga Islam menunjukan bahwa perceraian yang terjadi di Desa Paringan Kecamatan Jenangan tidak memberi dampak terhadap mental anak secara signifikan. Teruma pada anak yang berusia 3-12 Tahun di Desa Paringan Kecamatan Jenangan. (2) Menurut analisis Psikologi Keluarga Islam menunjukan bahwa perceraian yang terjadi di Desa Paringan tidak memberi dampak terhadap tumbuh kembang anak secara signifikan. Hal ini dikarenakan pola asuh dan pemenuhan nafkah yang dilakukan tetap berjalan. Sehingga faktor pendukung kesehatan mental dan tumbuh kembang anak dalam segi moral dan nilai agama terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:22
Last Modified: 29 Jun 2022 08:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20239

Actions (login required)

View Item View Item