Nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Kitab Akhlaq Lil Banat Juz 1 dan Relevansinya dengan Materi Aqidah Akhlak Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah

Nugraheni, Septiana Pungky (2022) Nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Kitab Akhlaq Lil Banat Juz 1 dan Relevansinya dengan Materi Aqidah Akhlak Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180110_SEPTIANA PUNGKY NUGRAHENI_PGMI.pdf

Download (47MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nugraheni, Septiana Pungky. 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Kitab Akhlaq Lil Banat Juz 1 dan Relevansinya dengan Materi Aqidah Akhlak Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dwi Ulfa Nurdahlia, M.Si.
Kata Kunci: Nilai pendidikan karakter religius, Kitab Akhlaq Lil Banat, Aqidah Akhlak.
Pendidikan karakter religius pada dasarnya telah diajarkan kepada peserta didik tingkat Madrasah Ibtidaiyah melalui mata pelajaran Aqidah Akhlak dan pemberian contoh teladan yang diberikan pendidik di sekolah. Namun, hal tersebut belum dikatakan cukup untuk membentengi peserta didik agar memiliki akhlak yang baik. Seiring perkembangan zaman yang semakin maju dan teknologi yang semakin canggih, mengakibatkan anak menjadi tidak terkendali dan banyak merebak kasus merosotnya akhlak pada diri anak. Melalui pengenalan materi kitab Akhlaq Lil Banat juz 1 dapat membantu pendidik dan dikolaborasikan beserta materi Aqidah Akhlak kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah sebagai suatu langkah usaha preventif mencegah terjadinya kemerosotan akhlak anak perempuan, sebab sebagian besar permasalahan kenakalan anak dialami oleh perempuan menduduki level paling tinggi yang pada dasarnya harus dilindungi dan benar-benar dijaga dengan baik. Walaupun tidak menutup kemungkinan kasus kenakalan kaum laki-laki juga marak terjadi.
Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui nilai pendidikan karakter dalam kitab Akhlaq Lil Banat juz 1. (2) Mengetahui relevansi nilai pendidikan karakter religius dalam kitab Akhlaq Lil Banat juz 1 dengan materi Aqidah Akhlak kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kajian pustaka (library research). Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kitab Akhlaq Lil Banat juz 1 dan materi Aqidah Akhlak kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah. Sedangkan data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kitab Ta’lim Muta’allim Tariq al-Ta’allum karya Syekh Tajuddin Nu’man bin Ibrahim bin al-Khalil Zarnuji dan kitab Alala Tanalul ‘Ilma karya Syekh Tajuddin Nu’man bin Ibrahim bin al-Khalil Zarnuji.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter religius dalam kitab Akhlaq Lil Banat juz 1 antara lain (1) Nilai pendidikan karakter religius terhadap Allah SWT (2) Nilai pendidikan karakter religius terhadap Nabi Muhammad SAW (3) Nilai pendidikan karakter religius terhadap orang tua dan guru (4) Nilai pendidikan karakter religius terhadap teman (5) Nilai pendidikan karakter religius terhadap tetangga dan pelayan (6) Sopan santun (7) Amanah (8) Rendah hati (9) Dermawan. Nilai pendidikan karakter religius dalam materi Aqidah Akhlak kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah antara lain (1) Nilai pendidikan karakter religius terhadap Allah SWT (2) Nilai pendidikan karakter religius terhadap Nabi Muhammad SAW (3) Nilai pendidikan karakter religius terhadap orang tua dan guru (4) Sopan santun. Terdapat relevansi nilai pendidikan karakter religius ‘akhlak terhadap orang tua dan guru dalam kitab Akhlaq Lil Banat juz 1 dengan materi Aqidah Akhlak kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah antara lain (1) Materi kitab ibu yang penyayang (2) Materi kitab kasih sayang ibu (3) Materi kitab kecintaan anak perempuan terhadap ibunya (4) Materi kitab ayah yang penyayang (5) Materi kitab kasih sayang ayah (6) Materi kitab kewajiban anak perempuan terhadap kedua orang tua (7) Materi kitab tata krama murid perempuan di sekolah (8) Materi kitab tata krama murid perempuan terhadap guru (9) Materi kitab tata krama kembali ke rumah (10) Materi kitab murid perempuan yang didambakan (11) Materi kitab murid perempuan yang dibenci (12) Materi kitab Nafisah dan ibunya terdapat relevansi terhadap materi Aqidah Akhlak sikap hormat, kasih sayang dan santun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:21
Last Modified: 29 Jun 2022 08:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20232

Actions (login required)

View Item View Item