Pengaruh Persepsi Kecanduan Game Online Dan Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Di MAN 3 Magetan Tahun Ajaran 2021/2022

Rizaldy, M Hilal (2022) Pengaruh Persepsi Kecanduan Game Online Dan Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Di MAN 3 Magetan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210315045 M HILAL RIZALDY.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rizaldy, Muhammad Hilal. 2022. Pengaruh Persepsi Kecanduan Game Online dan Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Di Man 3 Magetan Tahun Ajaran 2021/2022.Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islma Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ayunda Riska Puspita, MA
Kata Kunci: Game Online, Media Sosial dan Minat Belajar.
Perkembangan zaman di era digital ini banyak mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Bermacam-macam pengaruh dapat ditimbulkan dalam perkembangan teknologi saat ini. Dampak dari perkembangan ini salah satunya juga mempengaruhi dalam bidang teknologi dan komunikasi serta hiburan. Game online sendiri merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi dibidang hiburang yang sangat digemari para siswa belakangan ini. Media sosial sebagai ajang bertukar kabar, berita dan informasi dengan teman-teman dunia maya. Dimana dikahawatirkan bahwa kedua hal tersebut dapat mempengaruhi minat siswa dalam belajar.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh game online terhadap minat belajar siswa MAN 3 Magetan, (2) Mengetahui pengaruh media sosial terhadap minat belajar siswa MAN 3 Magetan, (3) Mengetahui pengaruh game online dan media sosial terhadap minat belajar siswa MAN 3 Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi dengan teknik analisis data menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 25. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel acak sesuai kriteria yang sudah ditentukan, dimana penelitian ini menggunakan sampel sebesar 50 siswa
Dari hasil penelitian ini bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Variabel persepsi kecanduan game online tidak berpengaruh terhadap minat belajar siswa (2) Variabel dampak penggunaan media sosial tidak memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa (3) Variabel persepsi kecanduan game online dan variabel dampak penggunaan media sosial memiliki pengaruh terhadap minat belajar. Hasil koefisien determinan R 0.469 atau 46.9% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa game online dan media sosial memiliki hubungan secara bersama-sama / simultan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:23
Last Modified: 29 Jun 2022 04:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20226

Actions (login required)

View Item View Item