Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IV Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Di Mi Ma’arif Polorejo

Khazanah, Uswatun (2022) Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IV Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Di Mi Ma’arif Polorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180123_Uswatun Khazanah_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh siswa di sekolah. Salah satu tujian diajarkannya matematika adalah untuk melatih dan mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa. Pada kelas IV di MI Ma’atif Polorejo terdapat beberapa permasalahan selama proses pembelajaran mata pelajaran matematika berlangsung, diantaranya adalah guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan pembelajaran, guru tidak pernah menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi matematika, para siswa kurang antusias pada saat penyampaian materi, siswa sulit menerima materi pembelajaran, sebagian siswa kurang tertarik dalam belajar matematika, kemampuan siswa menyelesaikan masalah-masalah matematika masih rendah, kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah serta hasil belajar kelas IV pada mata pelajaran matematika masih banyak yang rendah yakni terdapat 10 siswa dari 29 siswa kelas IV A atau setara dengan 34,5 % siswa yang rata-rata hasil evaluasinya masih berada di bawah KKM yaitu 70. Meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa harus diiringi dengan proses pembelajaran yang tepat, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Jadi, pembelajaran yang dilakukan oleh guru mempunyai pengaruh yang sangat penting terhadap pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran dan kemampuan penalaran matematis siswa. Penggunaan media video youtube dalam proses pembelajaran matematika, dengan harapan antusias dan motivasi belajar siswa, pemahaman siswa mengenai materi serta kemampuan penalaran matematis siswa dapat meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media video Youtube terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV pada materi keliling dan luas bangun datar di MI Ma’arif Polorejo.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan rancangan penelitian quasi eksperimen dan menggunakan desain pre test – post test Control Group Design untuk mengumpulkan data serta dilaksanakan di MI Ma’arif Polorejo. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan sampel 2 kelas, yakni kelas IV A dan IV B. Pemilihan sampel pada penelitian ini dilakukan secara random berdasarkan hasil pre-test. Penelitian ini menggunakan tes sebagai instrumen dalam pengumpulan data.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji-t. Hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 4,63 sedangkan ttabel = 1,6741 maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,63 > 1,6741. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan media video Youtube dengan kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan media video Youtube pada kelas IV di MI Ma’arif Polorejo. Maka dengan demikian penggunaan media video Youtube berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV pada materi keliling dan luas bangun datar di MI Ma’arif Polorejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujeng
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:03
Last Modified: 29 Jun 2022 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20209

Actions (login required)

View Item View Item