Penanaman Sikap Toleransi Di Masyarakat Melalui Kegiatan Keagamaan (Studi Kasus Pada Komunitas NU Dan LDII Di Dukuh Soko Desa Bangunrejo Sukorejo Ponorogo)

Ertikawati, Yosi Ayu (2022) Penanaman Sikap Toleransi Di Masyarakat Melalui Kegiatan Keagamaan (Studi Kasus Pada Komunitas NU Dan LDII Di Dukuh Soko Desa Bangunrejo Sukorejo Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317186_Yosi Ayu Ertikawati_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Dukuh Soko Desa Bangunrejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo mengikuti dua aliran keagamaan, yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Namun, sikap hidup toleransi belum bisa diterapkan secara maksimal di tengah-tengah perbedaan golongan keagamaan yang ada. Sebagai upaya untuk meminimalisir sikap intoleransi di Dukuh Soko dilakukan berbagai bentuk kegiatan, antara lain melalui pembelajaran agama kepada masyarakat. Di mana dalam pembelajaran agama tersebut disampaikan materi tentang sikap saling menghormati antar sesama masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran agama melalui kegiatan keagamaan untuk menanamkan sikap toleransi antara masyarakat NU dan LDII di Dukuh Soko Desa Bangunrejo Sukorejo Ponorogo, (2) Mengetahui kendala yang dihadapi dan solusi yang diberikan dalam pelaksanaan pembelajaran agama melalui kegiatan keagamaan untuk menamkan sikap toleransi antara masyarakat NU dan LDII di Dukuh Soko Desa Bangunrejo Sukorejo Ponorogo, dan (3) Menjelaskan dampak dari pelaksanaan pembelajaran agama melalui kegiatan keagamaan untuk menanamkan sikap toleransi antara masyarakat NU dan LDII di Dukuh Soko Desa Bangunrejo Sukorejo Ponorogo
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data setelah penelitian dilakukan dengan mengumpulkan semua data baik primer dan sekunder, kemudian data tersebut dideskripsikan (digambarkan) dan direlevansikan dengan teori yang ada.
Hasil penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran agama melalui kegiatan keagamaan untuk menanamkan sikap toleransi antara masyarakat NU dan LDII di Dusun Soko Desa Bangunrejo Sukorejo Ponorogo, yaitu pada masyarakat NU dengan kegiatan yasinan dan dilanjutkan pengajian oleh tokoh agama, sekolah Diniyah TPA untuk anak-anak, serta kegiatan khatm al-Qur’an untuk anak-anak dan juga bapak-bapak. Sedangkan pada masyarakat LDII yaitu dengan kegiatan rutin untuk anak-anak usia play group sudah mulai diajari ngaji, SD ngaji cabe rawit, dan seterusnya remaja yang seluruhnya ada kegiatan ngaji al-Quran dan hadis sesuai tahapannya. (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran agama melalui kegiatan keagamaan untuk menanamkan sikap toleransi antara masyarakat NU dan LDII di Dukuh Soko Desa Bangunrejo Sukorejo Ponorogo yaitu, terdapat sebagian warga yang masih belum bisa atau belum paham tentang bertoleransi yang benar. Masih terdapat sebagian warga masyarakat yang bergunjing mengenai perbedaan kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh warga masyarakat NU dan warga masyarakat LDII. Hal itu terjadi karena kebanyakan warga masyarakat kurang mendapatkan pendidikan khususnya pendidikan keagamaan. Sedangkan solusi atas permasalahan-permasalahan tersebut yaitu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan berupa kegiatan rutinan yasinan yang dilanjut dengan pengajian untuk menambah wawasan warga masyarakat khususnya dan agar dapat hidup rukun dengan baik dengan warga lainnya. (3) Dampak dari pembelajaran agama untuk membangun sikap toleransi antara masyarakat NU dan LDII di Dukuh Soko Desa Bangunrejo Sukorejo Ponorogo adalah membantu masyarakat dalam merubah pola pikirnya. Masyarakat menjadi tahu mana yang dilarang dan dianjurkan dalam menjalin hubungan antara sesama. Selain itu dengan adanya kegiatan pengajian rutinan tersebut warga masyarakat dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat, mampu membedakan baik dan buruk dalam bersosialisasi, dapat mengintrospeksi diri, dan terjadi perubahan sikap tidak mendahulukan kepentingan pribadi dan golongan di atas kepentinagn umum.
Kata Kunci: Pembelajaran Agama, Sikap Toleransi, Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:04
Last Modified: 29 Jun 2022 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20208

Actions (login required)

View Item View Item