Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Miftahul Huda Pondok Pesantren Darul Huda

SAPUTRA, BASTRIA ANAS (2022) Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Miftahul Huda Pondok Pesantren Darul Huda. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
TESIS BASTRIA ANAS SAPUTRA 502180011.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen pembelajaran adalah proses timbal balik antara pendidik dan peserta didik yang dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Manajemen pembelajaran menjadi bukti dari pertanggung jawaban lembaga pendidikan untuk menghasilkan output yang bermanfaat bagi masyarakat luas, sehingga proses dalam pembelajaran yang dilakukan oleh santri atau murid dapat membawanya kepada insan kamil, yang memiliki kecerdasan spiritual dan intelektual yang agamis.
Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan manajemen pembelajaran kitab kuning di Madrasah Miftahul Huda Pondok pesantren Darul Huda dengan fokus pembahasan: 1. Manajemen pembelajaran kitab kuning pada aspek perencanaan, pelakanaan, dan evaluasi, 2. Implikasi pembelajaran kitab kuning dalam meningkatkan kompetensi lulusan Madrsah Miftahul Huda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus, lokasi penelitian di Madrasah Miftahul Huda Pondok Pesantren Darul Huda. Objek penelitian ini adalah manajemen pembelajaran kitab kuning. Adapun untuk metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman, yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan temuan peneliti tentang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen pembelajaran kitab kuning di Madrasah Miftahul Huda adalah, pertama: perencanaan pembelajaran kitab kuning dilakukan dengan menyusun kurikulum, silabus, dan jadwal pembelajaran. Dalam penentuan kurikulum dan silabus tidak berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya, sedangkan untuk membuat daftar pembelajaran dirumuskan dalam agenda rapat dewan guru pada setiap awal semester. Kedua: pengorganisasian pembelajaran dilakukan oleh ustaz dan santri setelah terbentuknya jadwal pembelajaran dengan pembagian materi dan pembagian kelas yang telah ditentukan setiap tingkatannya masing-masing. Ketiga: pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dilakukan oleh seluruh ustadz dengan menyampaikan materi pembelajaran kitab kuning meliputi materi fiqih, akhlak, ilmu alat (nahwu dan shorof). Sedangkan untuk metode yang digunakan yaitu metode bandongan, ceramah. Untuk memperlancar penyampaian materi yang disampaikan ustaz, media yang dapat digunakan adalah proyektor, dan alat falakiyah. Keempat: evaluasi pembelajaran kitab kuning dilaksanakan pada setiap akhir semester. Evaluasi tersebuat mencakup ujian lisan dan tulis yang membahas materi pelajaran selama satu semester yang lalu.
Dari beberapa pernyataan menunjukkan bahwa: pembelajaran yang ada di Madrasah Miftahul Huda dirasakan sangat berpengaruh dan efektif sebagai penambah ilmu pengetahuan tentang ajaran agama Islam. Implikasi dari adanya pembelajaran kitab kuning ini memberikan dampak yan signifikan bagi siswa selama proses mempelajarinya, baik dampak dari kompetensi maupun perubahan tingkah laku pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:58
Last Modified: 29 Jun 2022 01:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20201

Actions (login required)

View Item View Item