..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PENGESAHAN, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Media Takalintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas III Di MIN 2 Kota Madiun

Kusuma, Lutfia Reniyanti (2022) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PENGESAHAN, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Media Takalintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas III Di MIN 2 Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180069_LUTFIA RENIYANTI KUSUMA_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kusuma, Lutfia Reniyanti. 2020.Pengaruh Media Takalintar Untuk Meningkatkan Pemahaman KonsepPada Materi Perkalian Siswa Kelas III Di MIN 2 Kota Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hestu Wilujeng, M. Pd.
Kata Kunci:Media Takalintar, Pemahaman Konsep Siswa, Perkalian

Pembelajaran matematika yang masih belum terlaksana secara baik yang dilakukan oleh guru membuat pemahaman konsep kurang maksimal, sedangkan mata pelajaran matematika itu memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan observasi diperoleh bahwa proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah saja, pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga guru tidak melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga siswa belum memahami konsep dasar perkalian
Terkait dengan permasalahan diatas maka dibutuhkannya suatu alat pembelajaran atau media pembelajaran yang konkret serta yang membuat siswa fokus dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan penelitian ini yaitu media takalintar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan media takalintar pada materi perkalian siswa kelas III MIN 2 Kota Madiun.
Metodelogi penelitian ini menggunakan kuantitatif kuasi eksperiemen yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalan proses pembelajaran.Penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta dilakukan di MIN 2 Kota Madiun. Ada 2 kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 76 siswa. Sampel ini diambil dengan teknik purposive sampling dari populasi seluruh kelas III A sebanyak 38 dan III B sebanyak 38.Peneliti ini menggunakan pretest-posttest dengan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan perhitungan uji Independen Sample T-Test bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan mean antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan media takalintar berpengaruh terhdap peningkatan pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data perhitungan uji-t menunjukkan nilai sig.(2-tailed) 0,000<0,05. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dalam penjelasan tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi perkalian yang menggunakan media takalintar lebih tinggi dari kemampuan pemahamn konsep siswa menggunakan pendekatan konvesional. Maka dengan demikian penggunaan media takalintar berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep pada materi perkalian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujeng
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:01
Last Modified: 29 Jun 2022 02:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20197

Actions (login required)

View Item View Item