IMPLEMENTASI METODE AL-MIFTAH LIL ULUM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMBACA KITAB KUNING PADA SISWA LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ARAB AL-AZHAR PARE KEDIRI

Mustaqim, Gianto Khoirul (2022) IMPLEMENTASI METODE AL-MIFTAH LIL ULUM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMBACA KITAB KUNING PADA SISWA LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ARAB AL-AZHAR PARE KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317254_GIANTO_KHOIRUL_MUSTAQIM_PENDIDIKAN_AGAMA_ISLAM[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mustaqim, Gianto Khoirul, 2022.Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Kitab Kuning pada Siswa Lembaga Pendidikan Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Kata Kunci:Implementasi, Metode Al-Miftah Lil Ulum, Kompetensi Siswa, Membaca Kitab Kuning
Salah satu tempat kursus yang terkenal bertempat di kota Kediri yaitu Pare. Lembaga kursus Bahasa Arab sebagai sebuah pelatihan yang mengembangkan potensi kemahiran berbahasa untuk memenuhi kebutuhan fungsional mereka. Al-Miftah Lil Ulum sebagai metode cepat baca kitab yang berisikan kaidah Nahwu dan Shorof untuk tingkat dasar yang terdiri dari rangkuman padat dari kitab Jurumiyah, Imrity dan Alfiyah. Metode ini memiliki karakteristik yang unik, materinya ditampilkan dalam bahasa Indonesia yang lugas, jelas, singkat, dan mudah dipahami.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tahap perencanaan metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kompetensi membaca kitab kuning siswa lembaga pendidikan Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri, memaparkan tahap pelaksanaan metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kompetensi membaca kitab kuning siswa lembaga pendidikan Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri, dan memaparkan evaluasi metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kompetensi membaca kitab kuning siswa lembaga pendidikan Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yakni peneliti mendeskripsikan data secara sistematis tentang implementasi metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan kompetensi membaca kitab kuning pada siswa Lembaga Pendidikan Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri. Sumber data yang digunakan oleh peneliti berasal dari hasil wawancara dengan ustadz/ ustadzah di lembaga kursus, dokumentasi profil lembaga dan program pembelajaran metode Al-Miftah Lil Ulum Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan yang dilakukan oleh Ustadz/ustadzah di lembaga pendidikan Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri dimulai dari penyusunan tujuan pembelajaran, perencanaan dan manajemen waktu pembelajaran, metode dan media pembelajaran yang tepat dan efektif sesuai dengan perkembangan zaman dan tingkat pengetahuan siswa. (2) Pelaksanaan pembelajaranya dengan menggunakan kitab Al-Miftah Lil Ulum sebagai sumber utama dalam belajar siswa yang terdiri dari 4 jilid yang harus diselesaikan siswa dalam jangka waktu selama satu bulan. (3) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan setiap satu minggu sekali pada akhir pembahasan dan akhir jilid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:44
Last Modified: 28 Jun 2022 07:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20185

Actions (login required)

View Item View Item