ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM BUKU CERITA ANAK YANG BERJUDUL LEBAH DAN SEMUT SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

Astutiyani, Elisa Ayu (2020) ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM BUKU CERITA ANAK YANG BERJUDUL LEBAH DAN SEMUT SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180159_Elisa Ayu Aatutiyani_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Astutiyani, Elisa Ayu, 2022, Analisis Nilai Karakter Dalam Buku Cerita Anak Yang Berjudul Lebah Dan Semut Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan lmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.
Kata Kunci : Nilai Karakter, Buku Cerita Anak, Sumber Belajar.
Pendidikan karakter merupakan sebuah proses transformasi nilai-nilai kehidupan untuk ditumbuhkembangkan dalam kepribadian seseorang hingga menjadi satu dalam kehidupan masyarakat. Nilai karakter perlu di tanamkan sejak anak usia sekolah dasar, karena selain memiliki kemampuan kognitif dan keterampilan yang baik, anak harus berkarakter dan memiliki kepribadian yang baik, tidak hanya itu pendidikan karakter dapat dituangkan dalam program harian, yaitu tentang kepribadian anak, kemandirian, kedisiplinan, dan tanggung jawab sehingga anak siap mengikuti pada jenjang pendidikan selanjutnya dan masa dewasanya.
Dalam Penelitian ini peneliti menganalisis nilai karakter dalam buku cerita anak Lebah dan Semut serta relevansinya sebagai sumber belajar di sekolah dasar. Dengan tujuan penelitian (1) untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku cerita anakLebah dan Semut, (2) untuk mengetauhi relevansi dari nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku cerita anak Lebah dan Semut sebagai sumber belajar disekolah dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research). Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu diambil dari sumber data berupa buku cerita anak Lebah dan Semut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, dan pendekatan yang digunakan berupa literer. Sedangkan analisis datanya memakai analisis isi atau content analysis.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan ditemukan kesimpulan. Pertama,buku cerita anak yang berjudul Lebah dan Semut terdapat 6 karakter yaitu kerja keras, gotong royong, cinta damai, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, dan mandiri. Kedua, relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat atau tercermin dalam keseharian dalam buku Lebah dan Semut bagus jika diterapkan langsung kepada anak usia SD. Karena, banyak pengajaran serta pelajaran yang mengedukasi dalam cerita tersebut. Ketiga, buku cerita anak Lebah dan Semut sangat relevan bila dikaitkan dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Pancasilan dan Kewarganegaraan (PPKn).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2022 05:44
Last Modified: 28 Jun 2022 05:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20173

Actions (login required)

View Item View Item