Menggali Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Kirab Tutup Suro Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran IPS Di MTs Al-Azhar Sampung Ponorogo

Khulsum, Umi (2022) Menggali Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Kirab Tutup Suro Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran IPS Di MTs Al-Azhar Sampung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180036 UMI KHULSUM Tadris IPS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khulsum Umi, 2022, Menggali Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Kirab Tutup Suro Sebagai Sumber Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Di MTs Al-Azhar Sampung Ponorogo , Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, S.Ag., M.Si.

Kata Kunci : Penanaman, Nilai-Nilai, Sikap Sosial
Budaya kearifan lokal di Indonesia sangatlah beragam, salah satunya di Provinsi Jawa Timur Kabupaten Ponorogo, terdapat perayaan Kirab Tutup Suro. Perayaan Kirab Tutup Suro memiliki makna nilai rasa bersyukur kepada Allah atas berakhirnya awal bulan bulan Islam dengan penuh keberkahan, dan berharap di bulan-bulan berikutnya juga selalu diberi keselamatan dan keberkahan. Yang selanjutnya nilai-nilai budaya Kirab Tutup Suro tersebut oleh seorang pendidik di MTs Al-Azhar Sampung Ponorogo diaplikasikan dengan pembelajaran IPS Terpadu pada materi keragaman-keragaman sosial budaya. Sehingga siswa di MTs Al-Azhar Sampung Ponorogo mendapat contoh konkrit dan bisa berinteraksi secara langsung dalam suatu tradisi atau adat istiadat yang berada pada masyarakat.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pengaplikasian nilai tradisi Kirab Tutup Suro pada pembelajaran IPS Terpadu materi keragaman sosial di MTs Al-Azhar Sampung Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif yakni dengan menjelaskan data yang digali melalui proses wawancara secara primer ataupun melalu data-data sekunder. Objek yang diteliti adalah beberapa warga Ponorogo yang ikut berpartisipasi berfokus pada panitia atau pengurus tradisi Kirab Tutup Suro. Penelitian ini, menggunakan metode dalam proses pengumpulan data, yakni metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah penggunaan nilai tradisi masyarakat lokal sebagai sumber belajar IPS telah memberikan dampak positif bagi pengembangan kegiatan pembelajaran di kelas. Permasalahan yang seringkali dihadapi oleh guru mengenai keterbatasan sumber buku paket IPS dapat ditanggulangi dengan menjadikan sumber belajar tidak kaku hanya terfokus pada buku teks. Sumber belajar dalam IPS bisa diartikan secara lebih meluas diantaranya lingkungan sosial, budaya, ekonomi peserta didik sehari-hari. Pendekatan kontekstual menjadi alternatif yang bersifat kekinian untuk mengkorelasikan materi IPS dengan isu-isu sosial kontemporer di sekitar lingkungan tempat tinggal peserta didik. Selain itu penggunaan masyarakat lokal sebagai sumber belajar merupakan alternatif inovasi pembelajaran yang menarik perhatian peserta didik. Metode dan strategi pembelajaran yang dianggap monoton seringkali menimbulkan kebosanan bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2022 05:39
Last Modified: 28 Jun 2022 05:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20170

Actions (login required)

View Item View Item