Manajemen Strategi Pembelajaran Al-Qur'an Metode Ummi (Studi Analisis di Madrasah Diniyah Al-Ihsan Ponorogo)

Mahendra, Yusril Dwi (2022) Manajemen Strategi Pembelajaran Al-Qur'an Metode Ummi (Studi Analisis di Madrasah Diniyah Al-Ihsan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180125-YUSRIL DWI M.-MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mahendra, Yusril Dwi. 2022. Manajemen Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi (Studi Analisis di Madrasah Diniyah Al-Qur’an Al-Ihsan Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.

Kata kunci: Manajemen Strategi, Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Ummi

Manajemen strategi pembelajaran al-qur’an yang efektif dan efisien harus menggunakan metode yang tepat dalam sebuah pembelajaran disuatu lembaga, agar nanti bisa menghasilkan cara membaca al-qur’an yang baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid, dengan menerapkan metode Ummi pada pembelajaran baca tulis al-qur’an untuk dapat mengatasi permasalahan yang ada dalam mempelajari al-qur’an. Selain itu dalam manajemen strategi terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi harus di terapkan dengan baik dan benar sehingga menghasilkan tujuan yang diinginkan bersama.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan Menganalisis perencanaan strategi pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi di Madrasah Diniyah Al-Qur’an Al-Ihsan Ponorogo. (2) Mengetahui dan Mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi di Madrasah Diniyah Al-Qur’an Al-Ihsan Ponorogo.(3) Mengetahui dan Menjelaskan evaluasi strategi pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi di Madrasah Diniyah Al-Qur’an Al-Ihsan Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendakatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat analisis deskriptif.Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Al-qur’an Al-Ihsan Kecamatan Kepatihan, Kabupaten Ponorogo.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi berdasarkan lamanya waktu penelitian berlangsung.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa sebelum menerapkan pembelajaran al-qur’an metode Ummi harus membuat perencanaan apa saja yang dibutuhkan saat nanti kegiatan belajar mengajar berlangsung, setelah perencanaan dibuat oleh kepala madrasah dan para guru Ummi selanjutnya yakni mengimplementasikan hasil rencana dengan sebaik mungkin sesuai dengan keputusan rencana bersama dan terakhir setelah perencanaan dan pelaksanaan dilakukan selanjutnya evaluasi pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana kegiatan pembelajaran terlaksana dan memperbaiki untuk kegiatan pembelajaran kedepan. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah manajemen strategi pembelajaran Al-qur’an menggunakan metode Ummi yang ada di Madrasah Diniyah Al-Ihsan kepatihan Ponorogo ini (1). Perencanaan strategi pembelajaran Al-Qur’anmetode Ummi di Madrasah Diniyah Al-Qur’an Al-Ihsan Ponorogo menggunakan sistem rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Madrasah yang bertujuan menyiapkan seluruh kebutuhan mulai dari data peserta didik sampai sarana pendukung pembelajaran. (2). Implementasi strategi pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi di Madrasah Diniyah Al-Qur’an Al-Ihsan Ponorogo ini sudah berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan tahapan yang dilakukan oleh Madrasah sesuai dengan buku pedoman dari induk Ummi. (3). Evaluasistrategi pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi di Madrasah Diniyah Al-Qur’an Al-Ihsan Ponorogo ini menggunakan 2 sistem penilaian yakni evaluasiinternal dan evaluasi eksternal. Evaluasi internal dilakukan dari Madrasah sendiri sedangkan eksternal dilakukan dengan kegiatan munaqosyah atau ujian dari lembaga Ummi Foundation langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2022 05:31
Last Modified: 28 Jun 2022 05:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20168

Actions (login required)

View Item View Item