KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IBNU MISKAWAIH DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP KELAS IX PADA KURIKULUM 2013

Qodri, Ali Romadhon (2022) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IBNU MISKAWAIH DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP KELAS IX PADA KURIKULUM 2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Revisi Skripsi Ali Qodri siap publish.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Qodri, Ali Romadhon: Konsep Pendidikan Akhlak menurut Ibnu Miskawaih dan Relevansinya .dengan Materi Pendidikan Agama Islam SMP Kelas IX pada Kurikulum .2013. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan .Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, .Dr. Umar Sidiq, M.Ag.

Kata Kunci: Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih, al-wasat}, Kurikulum 2013, Materi .Pendidikan Agama Islam SMP Kelas IX

Pendidikan Agama Islam dan pendidikan akhlak mempunyai hubungan yang sangat dekat dan tidak bisa dipisahkan, salah-satu pelaksanaannya terdapat dalam materi Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum 2013. Materi PAI pada Kurikulum 2013 tidak hanya pada aspek kognitif saja, melainkan juga implementasinya sehingga menjadi sebuah nilai-nilai dalam kehidupan yang diharapkan di tengah tantangan degradasi moral yang terdapat di masyarakat. Berdasarkan dari hal ini penulis ingin mengetahui adakah relevansi antara materi Pendidikan Agama Islam SMP Kelas IX dengan konsep pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih.
Berdasar hal tersebut penulis merumuskan tujuan penelitian berupa: (1) Untuk mendeskripsikan konsep pendidikan menurut Ibnu Miskawaih, (2) Untuk memaparkan konsep akhlak yang terkandung dalam materi Pendidikan Agama Islam SMP Kelas IX pada Kurikulum 2013, (3) Untuk mendeskripsikan relevansi materi Pendidikan Agama Islam SMP Kelas IX pada Kurikulum 2013 dengan konsep pendidikan akhlak menurut Ibnu Miskawaih.
Dalam menjawab tujuan riset di atas, jenis riset yang penulis gunakan adalah library research dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan peneliti dalam mengumpulkan data menggunakan metode pengumpulan data menggunakan cara dokumentasi, dan teknik analisis data berupa analisis konten.
Adapun hasil penelitian yang ditemukan adalah (1) Konsep pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih adalah konsep al-wasat}, yaitu sikap manusia yang menempatkan dirinya pada sisi tengah antara sisi kekurangan dan sisi kelebihan. (2) konsep akhlak yang terkandung dalam materi PAI SMP kelas IX pada kurikulum 2013 adalah optimis, ikhtiar, tawakkal, toleransi dan menghargai perbedaan, jujur, menepati janji, berbakti kepada orang tua dan guru, sopan santun, rasa malu. (3) Banyak Materi PAI SMP kelas IX Kurikulum 2013 yang relevan dengan konsep al-wasat Ibnu Miskawaih, hal ini terdapat pada banyaknya konsep akhlak yang terkandung di dalam materi yang memiliki keterkaitan dengan konsep al-wasat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2022 05:25
Last Modified: 28 Jun 2022 05:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20164

Actions (login required)

View Item View Item