Perubahan Pelaksanaan Kegiatan Sosial Keagamaan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Masjid Baitul Hadi Ngancar Pitu Ngawi)

Machfud, Habib (2022) Perubahan Pelaksanaan Kegiatan Sosial Keagamaan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Masjid Baitul Hadi Ngancar Pitu Ngawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180091_HABIB MACHFUD_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Machfud, Habib, 2022, Perubahan Pelaksanaan Kegiatan Sosial Keagamaan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Di Masjid Baitul Hadi Ngancar Pitu Ngawi). Skripsi. Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Masyarakat, Perubahan, Sosial Keagamaan.
Pandemi menyebabkan perubahan di berbagai aspek kehidupan masyarakat, salah satunya adalah dalam bidang sosial keagamaan. Berbagai aturan ditetapkan untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Perubahan yang terjadi menyebabkan berbagai persoalan baru dalam kehidupan masyarakat. Mereka harus beradaptasi dengan keadaan yang berubah-ubah. Karena dampak dari pandemi membuat ketidakpastian dalam kehidupan masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perubahan dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di masjid Baitul Hadi yang dilaksanakan masyarakat rutin setiap harinya yaitu sholat fardhu, sholat jum’at, sholawatan, dan istighosah. Selain untuk mengetahui perubahan dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan, juga untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan sosial yang rutin dilaksanakan masyarakat selama sebelum dan sesudah adanya pandemi. Kemudian penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak pandemi terhadap pelaksanaan kegiatan sosial keagamaan di masjid Baitul Hadi, Ngancar, Pitu Ngawi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi, dengan jenis penelitian studi kasus. Metode penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakuan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Untuk memperoleh data yang akurat, maka peneliti menggunakan metode pengumpulan data yang berupa observasi,wawancara dan dokumentasi tentang informasi perubahan pelaksanaan kegiatan sosial keagamaan masyarakat di lingkungan masjid Baitul Hadi, Ngancar, Pitu, Ngawi.
Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa: 1) Sikap dan perilaku keagamaan masyarakat yang ada di masjid Baitul Hadi meliputi kegiatan sholat fardhu dan sholat berjamaah, pembacaan sholawat, dan istighosah. Selain itu, di masjid ini terdapat kegiatan sosial keagamaan meliputi peringatan maulid Nabi Muhammad Saw. peringatan isra’ mi’raj, peringatan 1 muharam, peringatan malam nuzulul Qur’an, penyembelihan hewan Qurban, dan Zakat. 2) Bentuk-bentuk perubahan pelaksanaan kegiatan keagamaan yang ada di masjid Baitul Hadi meliputi penerapan aturan jaga jarak antar jamaah, penggunaan masker, menunda kegiatan sholawatan dan istighosah. Kemudian terdapat perubahan bentuk kegiatan sosial keagamaan di masjid Baitul Hadi yaitu menunda kegiatan maulidan, isra’ mi’raj, peringatan 1 muharam, peringatan Nuzulul Qur’an. Selain itu, pelaksanaan kegiatan pengumpulan zakat juga dirubah, yang sebelumnya hanya satu gelombang saja dirubah menjadi beberapa gelombang. Perubahan sosial juga terjadi dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, yang mana sebelum pandemi masyarakat dapat mengikuti kegiatan tersebut kemudian dirubah menjadi hanya panitia dan pemilik hewan qurban. Di masjid Baitul Hadi juga terdapat kegiatan pendidikan yaitu majelis taklim dan Taman Pendidikan Al-Qur’an, setelah adanya pandemi kegiatan tersebut diliburkan sementara. 3) Dampak pelaksanaan kegiatan sosial keagamaan terhadap kehidupan masyarakat di lingkungan masjid Baitul Hadi yaitu menurunnya minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah di masjid akibat adanya pandemi. Selain itu, terdapat penurunan tingkat spiritualitas jamaah, karena selama pandemi tidak dapat melaksanakan kegiatan pendidikan keagamaan. Kemudian ukhuwah islamiyah antar jamaah memudar, akibat dari tidak terlaksananya kegiatan sosial keagamaan di masjid Baitul Hadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:50
Last Modified: 28 Jun 2022 03:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20156

Actions (login required)

View Item View Item