Motivasi Orang Tua Dalam Memondokkan Putra dan Putrinya di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo

Maulina, Ery Murniasih (2022) Motivasi Orang Tua Dalam Memondokkan Putra dan Putrinya di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180305_Ery Murniasih Maulina.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABTRAK

Maulina, Murniasih, Ery. 2022. Motivasi Orang Tua Dalam Memondokkan Putra Dan Putrinya Di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman, Siman, Ponorogo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Erwin Yudi Prahara M.Ag.

Kata kunci: motivasi, orang tua, pondok
Pada era yang sudah modern ini, banyak orang tua yang mengkhawatirkan masa depan putra dan putrinya. Hal tersebut dikarenakan banyak kenakalan remaja seperti pelecehan seks, tawuran, minum-minuman keras. Oleh karena itu orang tua berfikir ulang tentang efektivitas pendidikan umum pada mengembangkan kepribadiaan dan moral seorang anak. Dewasa ini banyak masyarakat yang melirik pondok pesantren sebagai sarana pembinaan moral, karena para orang tua menilai pondok pesantren mampu memberikan etika dan moral anak menjadi kepribadian yang baik.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1.) Seperti apa pandangan orang tua tentang pondok pesantren Al-Barokah , Mangunsuman, Siman, Ponorogo.2.) Untuk mengetahui motivasi orang tua dalam memondokkan putra dan putrinya di pondok pesantren Al-Barokah, Mangunsuman, Siman, Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripif pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data ada dua yaitu analisis deduktif dan analisis induktif. Adapun teknik analisis data dibagi menjadi dua yaitu analisis deduktif dan analisis induktif. Teknik analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu: pengumpulan data, penyajian data, menarik kesimpulan. Yang terakhir pengecekan keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi

Adapun hasil penelitian motivasi orang tua dalam memondokkan putra dan putrinya di pondok pesantren Al-Barokah mangunsuman, siman, ponorogo. (1) Pandangan orang tua terhadap pondok pesantren adalah mengajarkan ilmu agama dan akhlak selain itu juga mengajarkan bersosialisasi kepada masyarakat (2) Motivasi orang tua dalam memondokkan anaknya adalah sebagai tempat pengembangan akhlak, dan sebagai memperbaiki karakter anak karena orang tua khawatir mengenai pergaulan anak dan harapan orang tua agar menjadi anak yang mempunyai akhlak dan perilaku yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:48
Last Modified: 28 Jun 2022 03:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20150

Actions (login required)

View Item View Item