Manajemen Program Praktik Kerja Lapangan (PKL), Program Keahlian Spa dan Kecantikan SMK Negeri 2 Ponorogo

Sindy, Farales (2022) Manajemen Program Praktik Kerja Lapangan (PKL), Program Keahlian Spa dan Kecantikan SMK Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180018_FARALES SINDY_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sindy, Farales. 2022. Manajemen Program Praktik Kerja Lapangan (PKL), Program Keahlian Spa dan Kecantikan SMK Negeri 2 Ponorogo. Skripsi.Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. AB. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I.

Kata Kunci: Manajemen, PKL

Kegiatan program pendidikan PKL merupakan salah satu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari kurikulum SMK, karena PKL merupakan bagian dari program pembelajaran yang harus dilaksankan oleh setiap peserta didik di dunia kerja sebagai wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK. PKL bertujuan untuk mempraktikkan secara nyata pembelajaran pada DU/DI. Adanya program Praktik Kerja Lapangan tentunya memerlukan kegiatan manajemen mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi. Tujuan dari tahapan proses manajemen tersebut yaitu untuk mempermudah pelaksanaan program Praktik Kerja Lapangan itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui manajemen kurikulum Praktik Kerja Lapangan (2) Manajemen pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (3)Peningkatan kompetensi pasca Praktik KerjaLapangan.
Untuk menjawab pertanyaan diatas peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah Wakasek bidang kurikulum, penanggung jawab program PKL, pembimbing PKL dan sejumlah siswa.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1)Perencanaan kurikulum dilakukan oleh tim kurikulum dengan adanya kalender akademik dari kementrian dan landasan mengenai Undang-Undang dan peraturan menteri, Pelaksanaan kurikulum sesuai dengan jadwal yang ada dengan menyesuaikan dari pihak program keahlian dan pihak DU/DI, dalam pelaksanaannya mecakup beberapa komponen yaitu tujuan, materi, strategi, media dan evaluasi. Evaluasi kurikulum dilakukan dengan membandingkan ketercapaian kurikulum yang telah dilaksanakan yaitu hasilnya sudah terlaksana sesuai dengan perencanaan.(2) Manajemen pelaksanaan PKL dimulai dari perencanaan meliputi penjajagan, MoU, pembekalan siswa, pembagian DU/DI, kelompok dan pembimbing. Pelaksanaan meliputi pengantaran siswa, training, praktik, penulisan jurnal kegiatan, sekaligus monitoring. Evaluasi meliputi penilaian, pemberian sertifikat, penulisan laporan kegiatan dan evaluasi mitra. (3) Peningkatan kompetensi siswa terletak pada pengetahuan mengenai kompetensi keahlian, keterampilan, sikap dan kepribadian. Peningkatan kompetensi terbukti dengan adanya peningkatan nilai rapor kelas XI pada semester ganjil dan genap serta ketercapaian nilai rata-rata PKL diatas KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:17
Last Modified: 28 Jun 2022 01:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20147

Actions (login required)

View Item View Item