Implikasi Pembelajaran Akhlak Tasawuf Pada Perilaku Religius Mahasiswa PAI Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo Tahun Angakatan 2020

Ikhsan, Munirul (2022) Implikasi Pembelajaran Akhlak Tasawuf Pada Perilaku Religius Mahasiswa PAI Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo Tahun Angakatan 2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210315133 Munirul Ikhsan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ikhsan, Munirul. 2022. Implikasi pembelajaran akhlak tasawuf pada perilaku religius mahasiswa PAI Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo tahun angktan 2020. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing Dr. Mambaul Ngadimah, M.Ag.

Kata kunci: pembelajaran akhlak tasawuf, perilaku religius mahasiswa.
Kemajuan ilmu dan teknologi menuntut mahasiswa untuk siap dalam menghadapi kemajuan zaman. Hal tersebut juga berdampak positif terhadap dunia pendidikan, mahasiswa lebih mudah mendapatkan informasi dan hal-hal baru. Namun ada juga dampak negatif terhadap perubahan perilaku mahasiswa seperti, menjadi lebih introvet, sering meninggalkan kewajiban dan masa bodoh terhadap lingkungan. Sehingga di IAIN Ponorogo terdapat mata kuliah akhlak tasawuf untuk memberikan benteng terhadap fenomena kondisi mahasiswa secara jelas dan dapat meminimalisir dampaknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pembelajaran akhlak tasawuf di jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo angkatan 2020; 2) Bagaimana implikasi pembelajaran akhlak tasawuf pada perilaku mahasiswa di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo angkatan 2020.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif agar memperoleh pemahaman yang luas dan mendalam mengenai fenomena yang diteliti. Tehnik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran akhlak tasawuf di Jurusan PAI IAIN Ponorogo melalui tiga tahap 1) perencanaan pembelajaaraan dilakukan dengan menjalaskan kontrak kuliah danjuga gambaran mata kuliah yang mencangkup materi, bobot mata kuliah, hingga tujuan dari pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran secara online menggunakan media sinkron seperti zoom meeting dan asinkron seperti google class room dan e-learning. 3) evaluasi kognitif yaitu pengukuran penilaian berdasarkan tes berupa UTS dan UAN. Evaluasi afektif, yaitu penilaiannya berdasarkan pada sikap spiritual maupun sosial mahasiswa. Evaluasi psikomotorik penilaian melalui kinerja atau praktik dilapangan terhadap materi- materi yang telah diajarkan saat proses pembelajaran. Dampak pembelajaran akhlak tasawuf pada perilaku religus mahasiswa mengalami peningkatan pada aspek ibadah kedisiplinan dan ketaladanan. Pembiasaan yang sudah diterapkan dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap perilaku religius mahasiswa dalam mengerjakan ibadah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:21
Last Modified: 28 Jun 2022 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20144

Actions (login required)

View Item View Item