..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Tahun Ajaran 2021/2022

Anisya, Kholifatul (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180122_KHOLIFATUL ANISYA_PAI.pdf

Download (735kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Anisya, Kholifatul. 2022. Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Mts Muhammadiyah 2 Jenangan Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.

Kata Kunci : Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Fikih.

Suatu hasil belajar diciptakan dari proses pembelajaran yang tidak sebentar. Pada saat ini kondisi belajar siswa yang menurun karena proses pembelajaran yang cenderung monoton. Ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu : yang pertama, siswa kurang menguasai dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Yang kedua, siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Yang ketiga, siswa hanya menerima materi tanpa memberikan feed back pada guru. Yang empat, menurunnya semangat belajar siswa. Sehingga siswa kurang mampu menguasai materi pembelajaran yang diberikan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model-model pembelajaran yang menarik dan aktif terutama dalam mata pelajaran Fikih. Contohnya seperti menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam proses belajar, dimana model pembelajaran Two Stay Two Stray ini digunakan untuk meningkatkan keaktifan serta dapat memotivasi siswa dalam proses belajar. Karena model ini menciptakan suasana kelas yang aktif dan menyenangkan serta tidak membuat siswa merasa jenuh saat proses belajar. Akan tetapi faktanya siswa kelas VII Mts Muhammadiyah 2 Jenangan dalam mata pelajaran Fikih masih kurang dalam hasil belajar banyak siswa yang nilainya di bawah KKM (Kriteria Ketuntas Minimal).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dengan adanya model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VII Mts Muhammadiyah 2 Jenangan tahun ajaran 2021/2022. Serta membuat siswa berperan aktif dalam ketika proses pembelajaran.
Untuk menjawab persoalan diatas, penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan menggunakan 3 siklus yang dibagi menjadi 4 tahapan-tahapan penelitian tindakan kelas. Disini 4 tahapan penelitian yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Bersumber dari siswa kelas VII A Mts Muhammadiyah 2 Jenangan Tahun Ajaran 2021/2022. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (a) Pada siklus I dari hasil siklus I jumlah siswa tuntas 7 orang dengan presentase 23% sedangkan jumlah siswa tidak tuntas 23 orang dengan presentase 77% nilai rata-rata 60,3. (b) Pada siklus II jumlah siswa tuntas sebanyak 16 orang dengan presentase 53% sedangkan jumlah siswa tidak tuntas sebanyak 14 orang dengan presentase 47% nilai rata-rata 71,8. (c) Pada siklus III diperoleh dari 30 siswa mencapai presentase 100% dengan rata-rata 85. Dari prosentase tersebut, dapat dilihat dari siklus I sampai dengan siklus III kegiatan pembelajaran dan juga hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Dengan ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar diatas nilai 75 sebagai KKM untuk mata pelajaran Fikih. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Mts Muhammadiyah Jenangan 2 telah berhasil dilakukan oleh peneliti dengan ketuntasan nilai yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:10
Last Modified: 28 Jun 2022 01:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20131

Actions (login required)

View Item View Item