Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Tingkat pemahaman Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Pratiwi, Indmas Tresna (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Tingkat pemahaman Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617187_INDMAS TRESNA PRATIWI_PGMI.pdf

Download (932kB) | Preview

Abstract

Pratiwi, Indmas Tresna, 2021. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Pelajaran IPA kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ulum Fatmahanik, M.Pd.

Kata Kunci: Strategi pembelajaran, tipe Team Quiz, Tingkat Pemahaman
Tingkat pemahaman siswa merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan siswa dalam mencapai suatu pembelajaran. Namun tingkat pemahaman yang dimiliki siswa di MI Negeri 2 Ponorogo masih belum sesuai harapan, sehingga membuat siswa mengalami kesulitan dalam menjawab soal-soal. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz, karena strategi ini akan membuat siswa lebih fokus dan kreatif dalam memahami materi khususnya pada perubahan wujud benda dan perubahan sifat benda.
Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA kelas V dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Tipe Team Quiz di MIN 2 Ponorogo, (2) mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA kelas V tanpa menggunakan strategi pembelajaran aktif Tipe Team Quiz di MIN 2 Ponorogo, dan (3) mengetahui strategi pembelajaran aktif Tipe Team Quiz apakah berpengaruh dalam pelajaran IPA kelas V di MIN 2 Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan true experimental designs dengan desain penelitian yang digunakan pretest-posttest control group design. Instrumen pengumpulan data berupa dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat homogenitas dan uji prasyarat normalitas, untuk uji hipotesis adalah uji T
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) strategi pembelajaran aktif quiz team dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Ponorogo tahun pelajaran 2020/2021. (2) tingkat pemahaman siswa dalam pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Ponorogo tahun pelajaran 2020/2021 belum sesuai harapan karena tidak menerapkan strategi pembelajaran aktif quiz team. (3) diperoleh hasil t hitung sebesar thitung= 3,052> ttabel 1,706, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan pemahaman antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz terhadap tingkat pemahaman siswa. Hal ini berarti dengan strategi Team Quiz tingkat pemahaman kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:21
Last Modified: 28 Jun 2022 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20129

Actions (login required)

View Item View Item