Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Mandiri dan Peduli Sosial Dalam Film Serial Adit Sopo Jarwo serta Relevansinya dengan Materi PKn Tingkat Sekolah Dasar

Dinan, Salwa Ausof Prakarsa (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Mandiri dan Peduli Sosial Dalam Film Serial Adit Sopo Jarwo serta Relevansinya dengan Materi PKn Tingkat Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180227 Salwa Ausof Prakarsa DInan SKRIPSI ethesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dinan, Salwa Ausof Prakarsa. 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Mandiri dan Peduli Sosial dalam Film Serial Adit Sopo Jarwo serta Relevansinya dengan Materi PKn Tingkat Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islamn Negeri Ponorogo. Pembimbing Farida Yufarlina Rosita, M.Pd.

Kata kunci : Mandiri, Materi PKn SD, Nilai Karakter, Peduli Sosial, Serial Adit Sopo Jarwo

Kemajuan ilmu pengetahuan yang berkembang dditambah kondisi pandemi covid-19 membuat kehidupan manusia sangat bergantung dengan teknologi. Hal ini menimbulkan berbagai dampak bagi kehidupan salah satunya bidang pendidikan. Pembelajaran sangat terbantu dengan adanya teknologi internet sehingga dapat berlangsung meskipun harus dilakukan dalam jarak jauh. Selain dampak positif kemajuan teknologi juga menimbulkan dampak negatif. Kasus kenakalan remaja yang menyebabkan hilangnyamoralitas kerap terjadi, bahkan merambah ke ranah digital dalam bentuk perundungan melalui media sosial. Hal ini menunjukan implementasi pendidikan karakter yang kurang. Berdasarkan pengamatan awal serial Adit Sopo Jarwo mengandung nilai-nilai pendidikan karakter baik yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan memiliki releansi dengan materi PKn tingkat sekolah dasar..
Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui nilai pendidikan karakter mandiri dan peduli sosial yang terdapat dalam serial animasi Adit Sopo Jarwo serta relevansinya dengan materi PKn tingkat Sekolah Dasar. Nilai pendidikan karakter tersebut kemudian dideskripsikan sesuai pedoman pelaksanaan pendidikan karakter berdasarkan Kemendiknas.
Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Dokumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah serial Adit Sopo Jarwo yang digunakan untuk mencari data berupa skrip maupun dialog antar tokoh dalam serial yang menunjukan nilai-nilai karater sesuai Kemendiknas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa serial Adit Sopo Jarwo mengandung nilai pendidikan karakter mandiri dan peduli sosial. Berdasarkan penelitian ditemukan sepuluh nilai karakter mandiri. Kemudian terdapat sebelas nilai pendidikan karakter peduli sosial yang ditemukan dalam penelitian. Nilai karakter mandiri dan peduli sosial yang terdapat dalam serial Adit Sopo Jarwo memiliki relevansi dengan materi PKn pada tingkat Sekolah Dasar. Nilai karakter ini memiliki relevansi dengan materi PKn tingkat Sekolah Dasar kelas III Tema 8. Praja Muda Karana subtema 2 Aku Anak Mandiri dan pada kelas V tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih. Relevansi nilai pendidikan karakter peduli sosial dalam serial Adit Sopo Jarwo dengan materi PKn tingkat sekolah dasar adalah terdapat pada materi kelas III Tema 3 Kewajiban dan Hakku subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah dan pada kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di Negriku subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negriku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:03
Last Modified: 28 Jun 2022 01:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20113

Actions (login required)

View Item View Item