..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..EFEKTIVITAS DAKWAH GUS BAHA’ DI CHANEL NU ONLINE MENCARI KEBAIKAN VIA YOUTUBE & SANAD KEILMUAN TERHADAP PEMAHAMAN FIQIH IBADAH SHALAT MAHASISWA KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM

Yahya, Qoirul (2022) ..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..EFEKTIVITAS DAKWAH GUS BAHA’ DI CHANEL NU ONLINE MENCARI KEBAIKAN VIA YOUTUBE & SANAD KEILMUAN TERHADAP PEMAHAMAN FIQIH IBADAH SHALAT MAHASISWA KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI QOIRUL YAHYA UPLOAD E-THESES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Dakwah, Gus baha’ , Fiqih Ibadah Sholat

Seiring berkembangnya teknologi komunikasi, media sosial merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu media sosial yang banyak menjadi tempat untuk penyiaran dakwah adalah YouTube, misalnya Channel NU Online yang berisi tentang keagamaan ini memuat sholawat, kajian para tokoh dan ulama. Salah satunya yakni KH. Ahmad Bahauddin Nursalim atau sering disebut dengan Gus Baha, yang terkenal sebagai ulama dengan model dakwah yang santai dan gaya humor yang khas. Setiap cerita dan pernyataan beliau selalu menonjolkan ilmu yang menyisipkan humor.
Berdasarkan latar belakang di atas penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui efektivitas dakwah Gus Baha’ dalam Chanel NU Online terhadap pemahaman Fiqih Ibadah mahasiswa KPI IAIN Ponorogo. (2) Melihat pengaruh dakwah Gus Baha’ DI Chanel NU Online terhadap pemahaman mahasiswa KPI IAIN Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi aktif Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah yang berjumlah 130 orang dan sampel yang digunakan adalah 60 responden yang aktif menggunakan YouTube.
Hasil dari analisis data yang ditemukan menunjukkan bahwa: (1) Dakwah Gus Baha’ dalam media YouTube yang dilakukan pada mahasiswa KPI IAIN Ponorogo sudah baik karena nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. (2) Terdapat pengaruh antara rata-rata pemahaman mahasiswa KPI IAIN Ponorogo, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji-t bahwa Mean difference menunjukkan pengaruh dakwah Gus Baha’ terhadap mahasiswa KPI IAIN Ponorogo. Dari hasil analisis mean difference adalah 86,940 dengan demikian menunjukkan pengaruh dakwah Gus Baha terhadap mahasiswa KPI IAIN Ponorogo dengan rata-rata pemahaman mahasiswa yaitu 85,14 sampai 89,74.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:10
Last Modified: 27 Jun 2022 06:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20110

Actions (login required)

View Item View Item