PENYELESAIAN SENGKETA PERCERAIAN MELALUI MEDIASI DI PENGADILAN AGAMA PONOROGO

Hasim, M. (2022) PENYELESAIAN SENGKETA PERCERAIAN MELALUI MEDIASI DI PENGADILAN AGAMA PONOROGO. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
TESIS_M.HASIM_503200010_HKI.pdf

Download (968kB)

Abstract

Aturan mengenai mediasi diatur dalam bentuk PERMA dengan tujuan untuk mengurangi menumpuknya penyelesaiaan perkara melalui persidangan. Pengadilan Agama Ponorogo adalah salah satu Pengadilan dengan jumlah kasus yang cukup tinggi. Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana implementasi mediasi dan juga faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam proses mediasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan tekhnik observasi dan wawancara sebagai cara penggalian data. Wawancara dilakukan dengan mediator yang bertugas di Pengadilan Agama. Melalui pelaporan deskriptif, didapat hasil yang mendukung rumusan permasalahan dalam penelitian.
Secara praktik, mediasi di Pengadilan Agama Ponorogo dilakukan berdasarkan prosedur sebagaimana ditetapkan dalam PERMA No. 1 Tahun 2008 baik dari segi penunjukan, proses, pelaporan, dan durasi yang digunakan. Adapun faktor yang menyebabkan keberhasilan dalam mediasi antara lain; keberhasilan mediator dalam menginternalisasi teori mediasi, sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan mediasi, dan psikologi para pihak yang memang menginginkan jalan tengah. Adapun kegagalan dalam mediasi disebabkan oleh; faktor internal meliputi, para pihak yang sudah berkonflik turun temurun dan mediator yang tidak menguasi tekhnik problem solving. Adapun faktor eksternal disebabkan oleh; ruangan mediator yang terbatas, dan juga waktu yang terburu-buru karena menumpuknya perkara.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Depositing User: Dwi Eliana Sari
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:24
Last Modified: 27 Jun 2022 04:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20101

Actions (login required)

View Item View Item