Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kependidikan di MA Darul Huda Ponorogo

PujiArini, Andini (2022) Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kependidikan di MA Darul Huda Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180006_ANDINI PUJI ARINI_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

PujiArini, Andini, 2022. Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kependidikan di MA Darul Huda Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. H. Muhammad Thoyib, M. Pd.
Kata Kunci: Strategi, kepala madrasah, profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan
Perkembangan IPTEK (sains) yang semakin tidak dapat terkontrol dan proses perubahan yang drastis serta adat istiadat, perkembangan sosial budaya masyarakat serta masih belum meratanya kualitas SDM (sumber daya manusia) semakin memperkuat betapa pentingnya sebuah kebijakan yang berisikan sekumpulan strategi baru untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan yang dicita-citakan dan diharapkan oleh bangsa Indonesia. Peningkatan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan ini harus dilakukan secara terus menerus mengingat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian rupa pesatnya. Di MA Darul Huda juga terdapat beberapa strategi dari kepala sekolah yang mudah diterima dengan baik. Hal ini ditandai dengan meningkatnya keprofesionalan tenaga pendidik dan kependidikan dan dampak atau hasil yang baik.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan di MA Darul Huda Ponorogo. (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan di MA Darul Huda Ponorogo. (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis implikasi strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan di MA Darul Huda Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan sumber data kepala sekolah, staf administrasi, dan guru. Tekni pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan yaitu penempatan tenaga pendidik dan kependidikan, membuat kebijakan, dan adanya punishemnt. (2) Implementasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan yaitu menempatkan calon tenaga pendidik sesuai dengan latar belakang pendidikan dan menempatkan tenaga kependidikan sesuai dengan skill dan pengalaman yang dimiliki, melaksanakan program pelatihan dan pengembangan bagi tenaga pendidik dan kependidikan, dan menegur bagi tenaga pendidik dan kependidikan yang kurang disiplin. (3) Implikasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan yaitu bisa dilihat dari output dan outcome nya. Jika dilihat dari segi outputnya bisa dilihat dari perubahan tenaga pendidik dan kependidikan sekaligus peserta didik. Adapun tenaga pendidik dan kependidikan ketika menjalankan tanggung jawabnya bisa berjalan dengan baik dan teratur karena telah menerapkan ilmu yang didapatkan ketika pelatihan-pelatihan. Sedangkan untuk peserta didik yaitu banyaknya jumlah prestasi-prestasi yang diraih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 05:34
Last Modified: 27 Jun 2022 05:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20100

Actions (login required)

View Item View Item