Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Etos Kerja Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMA Negeri 1 Jetis

Noviyanti, Ayu Ulis (2022) Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Etos Kerja Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMA Negeri 1 Jetis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180079_Ayu Ulis Noviyanti_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Noviyanti, Ayu Ulis. 2022. Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Etos Kerja Organisasi
Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMA Negeri 1 Jetis. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Fery Diantoro, M.Pd.I.

Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Etos Kerja, OSIS

Manajemen kesiswaan merupakan bagian penting dan berpengaruh dalam mengelola kegiatan kesiswaan yang ada disekolah, sehingga seluruh aktivitas peserta didik terstruktur dengan sistematis dan terarah dalam prosesnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen kesiswaan erat kaitannya dengan OSIS, sehingga yang berperan dalam mengarahkan dan menggerakkan OSIS ialah manajemen kesiswaan.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendiskripsikan perencanaan kesiswaan dalam peningkatan etos kerja OSIS di SMA Negeri 1 Jetis, 2) Mendiskripsikan pengembangan dan pelatihan kesiswaan dalam peningkatan etos kerja OSIS di SMA Negeri 1 Jetis, 3) Mendiskripsikan dampak manajemen kesiswaan dalam peningkatan etos kerja OSIS di SMA Negeri 1 Jetis.
Untuk mendiskripsikan manajemen kesiswaan dalam peningkatan etos kerja OSIS, digunakan metode penelitian kualitatif yaitu menganalisis proses berfikir secara induktif berkaitan dengan hubungan antar fenomena yang diamati. Pada pengumpulan data, penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan cara menganalisis data yaitu dengan kondensasi data, menyajikan dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, manajemen kesiswaan dalam peningkatan etos kerja OSIS di SMA Negeri 1 Jetis ialah : 1) Perencanaan kesiswaan dalam peningkatan etos kerja OSIS dilakukan dengan mengadakan rapat koordinasi, mengklasifikasikan program kerja yang akan direncanakan, membentuk panitia dan membuat pelaporan hasil akhir dari program kerja yang telah diselesaikan, 2) Pengembangan dan pelatihan kesiswaan dalam peningkatan etos kerja OSIS dilakukan dengan mengadakan LDKS, LDKL, mengikutsertakan pengurus OSIS dalam OSIS Kabupaten (HIMO), pengurus OSIS diharuskan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan melakukan pembinaan rutin serta evaluasi satu minggu sekali, 3) Dampak manajemen kesiswaan dalam peningkatan etos kerja OSIS yaitu terjalinnya kerja sama yang solid antara Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Pembina dan Pengurus OSIS, Pengurus OSIS lebih semangat dalam melaksanakan kegiatan yang akan di laksanakan, kreativitas mulai muncul, perubahan pola pikir, program yang akan di laksankaan terorganisir dan lebih mudah dalam melaksanakan program kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 05:34
Last Modified: 27 Jun 2022 05:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20095

Actions (login required)

View Item View Item