..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Penanaman Nilai karakter toleransi dan cinta tanah air Bagi Santriwati di Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo.

Saida, Itsna Laila (2022) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Penanaman Nilai karakter toleransi dan cinta tanah air Bagi Santriwati di Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180114_ITSNA LAILA SAIDA _ PAI..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saida, Itsna Laila. 2022. Penanaman Nilai Karakter Toleransi dan Cinta Tanah Air bagi Santriwati di Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.
Kata Kunci: Karakter, Toleransi, Cinta Tanah Air
Pendidikan yang ada di Indonesia pada umumnya mengutamakan pendidikan formal dan malah mengesampingkan pendidikan karakter. Padahal kedua hal tersebut baik pendidikan formal maupun pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk perkembangan bangsa Indonesia. Karena bangsa Indonesia merupakan negara yang multikultural, baik dari budaya, suku, ras, bangsa dan agama yang menuntu untuk memiliki karakter toleransi. Apalagi pada perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi saat ini, yang membuat generasi muda terpengaruh oleh adanya budaya asing dan mulai melupakan kebudayaan yang ada Indonesia. Maka dengan adanya permasalahan tersebut generasi muda saat ini perlu ditanamkan karakter yang mampu mengantarkan mereka memiliki sikap toleransi dan cinta tanah air, oleh karenanya karakter yang diperlukan untuk ditanamkan pada diri mereka adalah karakter toleransi dan cinta tanah air. Pendidikan karakter tersebut pada hakikatnya telah lama ada dan dilaksanakan oleh lembaga pendidikan terutama lembaga pendidikan keagamaan yang biasanya disebut sebagai pondok pesantren. Pemilihan Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo dalam pelaksanaan penelitian karena metodenya dan terdapat berbagai kegiatan yang menarik, sehingga peneliti merasa penting untuk melakukan penelitian di lokasi tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkap strategi penanaman nilai karakter toleransi dan cinta tanah air bagi santriwati di Pesantren Putri Al-Mawaddah; (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai karakter toleransi dan cinta tanah air bagi santriwati di Pesantren Putri Al-Mawaddah; (3) memaparkan dampak pelaksanaan penanaman nilai karakter toleransi dan cinta tanah air bagi santriwati di Pesantren Putri Al-Mawaddah. Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui prosedur wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) strategi penanaman nilai karakter toleransi dan cinta tanah air bagi santriwati Pesantren Putri Al-Mawaddah adalah menggunakan metode pembiasaan dengan cara membiasakan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan karakter tersebut. Kegiatan tersebut antara lain: Muhadlarah, Khutbatul Ars (KA), Demonstrasi Bahasa, Aneka Ria Nusantara, Drama Arena (DA), Panggung Gembira (PG), dan Penerapan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun); (2) faktor pendukung penanaman nilai karakter toleransi dan cinta tanah air, yaitu: peran guru sebagai pendidik, sarana prasarana yang lengkap dan terpenuhi, kegiatan pesantren yang menarik. Sedangkan faktor penghambat penanaman nilai karakter toleransi dan cinta tanah air, yaitu: Karakteristik Santriwati yang berbeda, kurangnya SDM, dan keterbatasan waktu; (3) dampak pelaksanaan penanaman nilai karakter toleransi dan cinta tanah air bagi santriwati Pesantren Putri Al-Mawaddah santriwati lebih mementingkan kebersamaan dari pada individualisme dan juga lebih mengetahui dan memahami berbagai macam budaya dan adat istiadat yang ada di Indonesia, sehingga tumbuhlah rasa toleransi dan cinta tanah air dalam diri mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 05:33
Last Modified: 27 Jun 2022 05:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20092

Actions (login required)

View Item View Item