..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Komparasi Minat Belajar Matematika Pada Penggunaan Alat Peraga Papan Pecahan Siswa Kelas III Di MI Ma'arif Mayak Tahun 2021/2022

Khuzaini, Nur Qhoufi (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Komparasi Minat Belajar Matematika Pada Penggunaan Alat Peraga Papan Pecahan Siswa Kelas III Di MI Ma'arif Mayak Tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180210_NUR QHOUFI KHUZAINI_PGMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Khuzaini, Nur Qhoufi. 2022. Komparasi Minat Belajar Matematika Siswa Pada Penggunaan Alat Peraga Papan Pecahan Siswa Kelas III MI Ma’arif Mayak Tahun 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorgo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M. Pd.
Kata Kunci: Minat Belajar, Alat Peraga Papan Pecahan, Materi Pecahan Sederhana
Minat adalah suatu kesukaan, kegemaran seseorang akan sesuatu hal. Proses pembelajaran matematika yang menoton cenderung membuat siswa kurang tertarik pada materi pembelajaran, sehingga salah satu upaya yang dilakukan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga papan pecahan pada materi pecahan sederhana.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui bagaimana minat belajar siswa yang menggunakan alat peraga papan pecahan. 2) Mengetahui bagaimana minat belajar siswa yang tidak menggunakan alat peraga papan pecahan. 3) Mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan minat belajar antara siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan alat peraga papan pecahan.
Metode penelitian yang digunakan ialah komparasi. Penelitian dilaksanakan di MI Ma’arif Mayak dengan jumlah sampel sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas 3a sebagai kelas eksperimen dan kelas 3b sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknis analisis data menggunakan data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian adalah: 1) Minat belajar siswa MI Ma’arif yang menggunakan alat peraga papan pecahan dalam kategori tinggi 8%, kategori sedang 84%, dan kategori rendah 8%. 2) Minat belajar siswa MI Ma’arif yang tidak menggunakan alat peraga papan pecahan dalam materi pecahan sederhana dalam kategori tinggi 20%, kategori sedang 64%, dan kategori rendah 16%. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan alat peraga papan pecahan. Berdasarkan hasil uji t diperoleh keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga secara signifikasi bahwa penggunaan alat peraga di kelas III MI Ma’arif mampu mempengaruhi minat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:35
Last Modified: 27 Jun 2022 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20082

Actions (login required)

View Item View Item