..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG).. Penanaman Nilai Kepedulian Sosial Pelajar Melalui Organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama' dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama' di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo

Putra, Andrean Pratama Andika (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG).. Penanaman Nilai Kepedulian Sosial Pelajar Melalui Organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama' dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama' di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316418_ANDREAN PRATAMA A P_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Putra, Andrean Pratama Andika. 2022. Penanaman Nilai Kepedulian Social Melalui Organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ Dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ (IPNU IPPNU) Di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ayunda Riska Puspita, MA.

Kata Kunci : Nilai Kepedulian Sosial, Organisasi IPNU IPPNU.
Organisai Ikatam Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ merupakan salah satu organisasi badan Otonom NU yang bergerak pada sosial dan amaliyah tradisi. Di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo sudah disahkan atas terbentuknya organisasi yang merupakan salah satu Cabang kepengurusan dari Pimpinan Cabang IPNU IPPNU Kabupaten Ponorogo atau yang lebih dikenal dengan pimpinan anak cabang IPNU IPPNU Kabupaten Ponorogo. Dilihat dari kepengurusannya yang berada di tingkat kecamatan PAC IPNU IPPNU Pulung merupakan organisasi yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Berdirinya organisasi IPNU IPPNU dikecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo ini sangat dibutuhkan, mengingat belum banyak organisasi yang berdiri khususnya yang mewadahi pelajar maupun mahasiswa sebagai salah satu bentuk pendidikan informal.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan keorganisasian IPNU IPPNU di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo (2) Mendeskripsikan dampak kegiatan keorganisasian IPNU IPPNU terhadap penanaman nilai kepedulian sosial pelajar di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam proses kegiatan keorganisasian IPNU IPPNU dalam menanamkan nilai kepedulian sosial pelajar di Kecamatan Pulung Kab. Ponorogo

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang memiliki ciri khas alami (natural) sesuai kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi. Sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Analisis datanya mengikuti konsep yang diberikan Miles Huberman yang mencangkup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil penelitian ini dapat diperoleh data sebagai berikut : Penelitian ini diharapkan menjadi sumbangan, menambah wawasan, dapat diketahui adanya alternatif lain dalam membentuk karakter pada seseorang selain melalui lembaga pendidikan formal, dan dapat diketahui beroganisasi IPNU IPPNU bukan hanya dalam pengembangan potensi pelajar semata tetapi juga dapat membentuk karakter dan moral anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:43
Last Modified: 27 Jun 2022 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20073

Actions (login required)

View Item View Item