Nilai Religius Pada Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye Dan Implementasinya Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa Madrasah Ibtida'iyah

Pangesti, Surya Adji (2022) Nilai Religius Pada Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye Dan Implementasinya Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa Madrasah Ibtida'iyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_203180232_SURYA ADJI PANGESTI.pdf

Download (898kB) | Preview

Abstract

Pangesti , Surya Adji. 2022, Nilai Religius pada Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye dan Implementasinya dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa Madrasah Ibtida’iyah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Evi Muafiah, M.Ag.
Kata Kunci: Nilai-nilai Religius, Novel Dia Adalah Kakakku, Karakter Islami
Nilai religius adalah cakupan terhadap suatu pikiran, perkataan, dan tindakan seseorang yang diupayakan yang selalu berdasarkan pada nilai-nilai ketuhanan atau ajaran agamanya. Membentuk karakter islami siswa Madrasah Ibtid’iyah dapat melalui karya. Karya sastra adalah ungkapan batin seseorang melalui karya dengan cara melakukan penggambaran terhadap kehidupan nyata, pengalaman hidup, dan imajinasi dan tidak pernah lepas dengan yang namanya kepercayaan atau nilai religius. Novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye dapat dijadikan untuk membentuk karakter islami siswa Madrasah Ibtida’iyah, karena novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye dapat memberi motivasi serta berbagai macam pelajaran yang menunjukkan nilai-nilai religius seperti nilai akidah, akhlak, dan ibadah. Jadi fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja nilai religius ibadah dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye dan implementasinya dalam membentuk karakter islami siswa Madrasah Ibtida’iyah.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menjelaskan nilai akidah dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye. (2) menjelaskan nilai akhlak dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye. (3) menejelaskan nilai ibadah dalam novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye. (4) mendeskripsikan implementasi nilai akidah, nilai akhlak, nilai ibadah pada novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye dalam Pembentukan karakter islami siswa Madrasah Ibtida’iyah.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye, dan sumber data sekunder yaitu buku-buku, jurnal, dan skripsi yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil dari penelitian. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan data dengan teknik dokumentasi. Setelah semua data terkumpul selanjutnya dipilih dan dipilah serta diklasifikasikan kemudian dilakukan analisis data atau isi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai-nilai religius yang terdapat dalam novel Dia Adalah Kakakku yaitu: (1) akidah terdiri dari Iman kepada kitab-kitab Allah, dan iman kepada qada’ dan qadar. (2) Nilai akhlak terdiri dari akhlak kepada Allah SWT., akhlak terhadap orang tua, akhlak terhadap linkungan. (3) dan nilai ibadah terdiri dari salat, dan berdo’a. (4) implementasi nilai-nilai religius dalam Novel Dia Adalah Kakakku karya Tere Liye dalam membentuk karakter islami siswa Madrasah Ibtida’iyah. Implementasi yang dapat dibentuk yaitu melalui pembelajaran akidah akhlak, salat dhuha berjamaah, membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar, dan membaca ayat al-qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr.Evi Muafiah, M.Ag
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:25
Last Modified: 27 Jun 2022 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20072

Actions (login required)

View Item View Item