Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning dan Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Jetis) Tahun Ajaran 2021/2022

Yusnia, Mimin (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning dan Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Jetis) Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180068_Mimin Yusnia_Tadris IPS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Yusnia, Mimin. 2022. Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning dan Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Jetis) Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M. Ag.
Kata Kunci: Metode Discovery Learning, Metode Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa
Hasil belajar merupakan suatu kebanggaan atau prestasi yang diberikan oleh pendidik atau guru kepada peserta didiknya atas pencapaian dari suatu kegiatan yang telah dilakukaan dalam suatu kelompok kelas. Hasil belajar siswa bisa dikatakan baik apabila skor yang didapatkan sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) atau lebih. Hasil belajar siswa bisa mengalami peningkatan atau penurunan karena dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu, seperti penggunaan metode pembelajaran. Pada penelitian ini, faktor pengaruh hasil belajar siswa adalah penggunaan metode discovery learning dan metode problem based learning.
Ada beberapa tujuan dalam pembahasan skripsi ini yang ingin dicapai antara lain: (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (siswa kelas VII) di SMP Negeri 2 Jetis. (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (siswa kelas VII) di SMP Negeri 2 Jetis. (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode discovery learning dan metode problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (siswa kelas VII) di SMP Negeri 2 Jetis.
Peneliti telah menggunakan metode penelitian kuantitatif, dimana peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat regresi dan paired sample t test dengan memanfaatkan perhitungan Exel dan SPSS. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan dokumentasi. Kemudian teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah teknik sampel jenuh, dimana terdapat 51 responden atau 51 siswa. Setelah data terkumpul, selanjutnya adalah analisis data, dimana teknik analisis data ini menggunakan rumus statistika seperti uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda.
Berdasarkan analisis data atau uji hipotesis didapatkan hasil berupa kesimpulan, antara lain: (1) penggunaan metode discovery learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (siswa kelas VII), persentase pengaruh yang didapatkan sebesar 12,7%. (2) penggunaan metode problem based learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (siswa kelas VII), persentase pengaruh yang didapatkan sebesar 11,7%. (3) ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode discovery learning dan metode problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (siswa kelas VII), dengan nilai signifikansi 0.000 ≥ 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: S Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:24
Last Modified: 27 Jun 2022 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20063

Actions (login required)

View Item View Item