Model Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 2 Badegan.

Almahadi, Wafa Reza (2022) Model Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 2 Badegan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180231_Wafa Reza Almahadi_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Almahadi, Wafa Reza. 2022. Model Evaluasi Dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp
Negeri 2 Badegan.Skripsi. Jurusan Pendidikan
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Elfi
Yuliani Rochmah, M.Pd.I.
Kata Kunci: Prinsip Evaluasi, Pembelajaran PAI
Penilaian merupakan dasar dalam pelaksanaan
evaluasi pembelajaran. Penilaian di SMPN 2 Badegan
berfungsi untuk mengumpulkan berbagai data dan informasi
mengenai pembelajaran siswa di setiap kegiatan. Dalam
melakukan penilaian terdapat prinsip-prinsip yang harus
diterapkan oleh guru. Hal inilah yang melatarbelakangi
peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk
mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip evaluasi pada
pembelajaran di SMP Negeri 2 Badegan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu
untukmendeskripsikan yang melatarbelakangipenerapan
model evaluasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP N 2 Badegan, untukmendeskripsikan
penerapan prinsip pada model evaluasi dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Badegan, untuk
mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung model
evaluasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMP N 2 Badegan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan. wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan mengikuti konsep Miles dan
Hubberman yang terdiri dari: reduksi data (data reduction),
penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan
(conclution drawing).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar
belakang diterapkannya model evaluasi pembelajaran PAI
adalah karena kurang maksimal dalampenerapan model
evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2
Badegan. Pelaksanaan prinsip evaluasi komprehenif pada
pembelajaran PAI di SMPN 2 Badegan yaitu dengan
mengamati dan mencatat dari awal pembelajaran sampai
akhir pembelajaran dengan memperhatikan 3 aspek
penilaian yaitu aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan
aspek afektif. Pelaksanaan prinsip evaluasi kontinuitas pada
pembelajaran PAI di SMPN 2 Badegan yaitu dengan
mencatat semua aktifitas peserta didik dari harian, mingguan
hingga bulanan.Pelaksanaan prinsip evaluasi objektifitas
pada pembelajaran PAI di SMPN 2 Badegan yaitu dengan
mencatat perkembangan peserta didik apa adanya dengan
tidak membeda bedakan.Faktor pendukung yaitu guru yang
berkompeten. Faktor penghambat yaituguru menjadi
penanggungjawab kegiatan ekstrakurikuler dan banyaknya
alat penilaian yang harus dikerjakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:41
Last Modified: 27 Jun 2022 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20061

Actions (login required)

View Item View Item