Strategi Guru Kelas dalam Membentuk Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDN Sumberbening 01 Balerejo Madiun Pascapandemi Covid-19

Wulandari, Okvita (2022) Strategi Guru Kelas dalam Membentuk Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDN Sumberbening 01 Balerejo Madiun Pascapandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180092_OKVITA WULANDARI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Wulandari, Okvita. 2022. Strategi Guru Kelas dalam Membentuk Nilai Karakter Disiplin dan
Tanggung Siswa Kelas V SDN Sumberbening 01 Balerejo Madiun Pascapandemi Covid-
19. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia,
M.Pd.
Kata kunci: strategi guru, karakter disiplin, karakter tanggung jawab
Penelitian yang dilakukan di SDN Sumberbening 01 Balerejo, Madiun dilatarbelakangi
adanya dampak dari pandemi Covid-19 dan perkembangan zaman yang semakin pesat. Setelah
sekitar 2 tahun Indonesia dilanda pandemi dan sekolah harus dilaksanakan secara daring (online)
dari rumah masing-masing telah memberikan dampak buruk terhadap semua bidang kehidupan
termasuk bidang pendidikan. Seiring berjalannya waktu, kini sekolah sudah diperbolehkan
melaksanakan pembelajaran tatap muka meski terbatas. Pada masa peralihan ini, pembelajaran di
seluruh sekolah termasuk di SDN Sumberbening 01 tidak dapat dilaksanakan secara maksimal.
Hal tersebut menyebabkan selain akademik siswa dan motivasi belajar, moral ataupun karakter
siswa juga mengalami penurunan, terutama pada nilai karakter kedisiplinan dan tanggung jawab
siswa. Namun, di samping siswa yang memiliki karakter yang kurang baik, terdapat pula siswa
yang berkarakter baik. Guru sebagai orang tua kedua di sekolah memiliki kewajiban dalam
mendidik dan mengembangkan karakter yang baik. Sehingga, strategi atau upaya guru dalam
membentuk karakter yang baik di sekolah, terutama karakter disiplin dan tanggung jawab siswa
sangat diperlukan..
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan karakter disiplin siswa pascapandemi
Covid-19 kelas V di SDN Sumberbening 01; (2) untuk mendeskripsikan karakter tanggung
jawab siswa pasca pandemi Covid-19 kelas V di SDN Sumberbening 01; (3) untuk
mendeskripsikan karakter disiplin siswa pasca pandemi Covid-19 kelas V di SDN Sumberbening
01; dan (4) untuk mendeskripsikan strategi guru kelas dalam membentuk karakter tanggung
siswa pasca pandemi Covid-19 kelas V di SDN Sumberbening 01. Pendekatan yang peneliti
gunakan adalah metode kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data
dilakukan dengan cara, mereduksi data, menyajikan data, dan kemudian terakhir mengambil
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakter disiplin siswa kelas V di SDN
Sumberbening 01 sudah cukup baik, terlihat siswa selalu menaati seluruh peraturan sekolah
terutama protokol kesehatan, tepat waktu mengumpulkan tugas dan selalu menghormati guru; (2)
karakter tanggung jawab siswa kelas V juga cukup baik, dilihat dari beberapa indikator seperti,
siswa selalu mengerjakan tugas dengan baik, mengerjakan piket kelas sesuai jadwal, dan selalu
menjaga kebersihan sekolah; (3) strategi guru kelas dalam membentuk karakter disiplin, yaitu
dilakukan melalui pengintegrasian pembelajaran di kelas, peneladanan dari guru, pembiasaan,
dan pemberian sanksi atau hukuman; (4) strategi guru kelas dalam membentuk karakter
tanggung jawab siswa juga dilakukan melalui pengintegrasian pembelajaran di kelas, guru
sebagai teladan, pembiasaan-pembiasaan baik, dan pemberian hukuman yang mendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:26
Last Modified: 27 Jun 2022 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20054

Actions (login required)

View Item View Item